Segera Tutup Layanan, 1 Unit Nintendo Wii U Kembali Terjual di 2023

Ananda Dimas PrasetyaAnanda Dimas Prasetya - Jumat, 03 November 2023
Segera Tutup Layanan, 1 Unit Nintendo Wii U Kembali Terjual di 2023
Konsol Wii U akan 'ditinggalkan' oleh Nintendo dalam waktu dekat. (Foto: Nintendo)

MESKI dalam waktu dekat akan masuk dalam jajaran konsol Nintendo yang 'ditinggalkan', satu konsol Nintendo Wii U berhasil terjual pada September 2023. Hal ini bahkan terjadi setelah Nintendo mengumumkan penutupan resmi layanan Nintendo eShop di konsol tersebut pada 2022.

Mengutip laman IGN, Mat Piscatella selaku analis dari media Circana mengumumkan bahwa Nintendo telah menjual satu Nintendo Wii U di pasar Amerika Serikat pada September 2023. Menjadikannya rekor terbaru setelah tidak ada lagi yang ingin membeli konsoll tersebut sejak Mei 2022.

Baca juga:

Nintendo 3DS dan Wii U Tutup Layanan Online April 2024

Retail resmi Nintendo itu mencatat satu penjualan Nintendo Wii U, dan masuk ke dalam statistik penjualan Nintendo yang tercatat resmi dan selalu diperbarui setiap bulannya.

"Kami memeroleh dan memroses data penjualan tingkat toko individual untuk setiap SKU di sebagian besar retailer, yang jika digabungkan menjadi sekitar 97% dari pasar perangkat keras," jelas Piscatella sebagai kelanjutan analisanya.

Satu penjualan 'aneh' ini lantas menimbulkan berbagai spekulasi, apakah Nintendo tidak menjual semua konsol Nintendo Wii U setelah cuci gudang secara global pada 2022 lalu? Mengingat Nintendo eShop di Nintendo Wii U sudah tidak bisa diakses, membuat pemain tidak dapat bermain secara online di 2023.

Baca juga:

Konsol Next-Gen Nintendo akan Hadir dengan Dual Screen

Di sisi lain, Ada beberapa game Nintendo Wii U yang diketahui memiliki kualitas terbaik dan tidak dapat dinikmati di Nintendo Switch. Di antaranya The Legend of Zelda: The Wind Waker HD dan Nintendo Land.

Di konsol tersebut, pemain bisa menikmati berbagai fitur seperti Miiverse, serta kehadiran beberapa aplikasi yang tidak dapat kamu akses di Nintendo Switch. Termasuk Netflix yang sudah dihapus di Nintendo eShop, tapi masih bisa digunakan di Nintendo Wii U dari menu download history.

Transisi yang buruk dengan visual yang sama saja dengan Nintendo Wii, membuat Nintendo Wii U tidak memiliki hype yang cukup besar layaknya Nintendo Switch yang memiliki fitur modular dan portabilitas tinggi. Apalagi blunder Nintendo tersebut diadopsi oleh Sony untuk merilis PlayStation Portal untuk PlayStation 5, meski belum diketahui hasilnya akan seperti apa. (dnz)

Baca juga:

Nintendo Switch Pro akan Hadir dengan Versi Digital

#Game
Bagikan
Ditulis Oleh

Aldonov Danoza

The love we take is equal to the love we make
Bagikan