Segera Rilis, Intip Fitur-Fitur Terbaru Android 11 Memberikan fitur-fitur terbaru dari versi sebelumnya. (Foto: Pocket-lint)

GOOGLE memutuskan untuk menunda acara pembukaan untuk mengungkap fitur baru Android 11 pada Rabu (3/6). Acara pembukaan tersebut ditunda karena masih banyak isu di AS yang diselimuti dengan protes, penjarahan, dan kebakaran. Kendati demikian, hanya ada beberapa gawai yang dapat menginstal versi beta dari sistem operasi terbaru Android tersebut. Lalu, fitur-fitur apa saja yang terdapat di Android 11?

Informasi mengenai Android 11 pertama diungkap kepada pengembang perangkat lunak pada Februari 2020 lalu. Pratinjau terbaru ini sepertinya mengambil konsep kontrol rumah pintar seperti yang terlihat pada gambar di bawah ini.

Baca juga:

Google Diminta Singkirkan Aplikasi Android yang Tak Berguna

Konsep Android 11. (Foto: Tech Radar)

Melansir Tech Radar, fitur Android 11 yang tidak kalah penting adalah dapat menggunakan jaringan 5G. Hal ini dapat mengoptimalkan konten dan kinerja ketika pengguna sedang terhubung dan memungkinkan kamu untuk menguras banyak data yang tidak perlu. Bilah notifikasi di Android 11 juga memiliki tab pesan sendiri, sehingga pemberitahuan dari percakapan yang sedang berlangsung atau dari aplikasi lain akan dibagi. Dengan begitu, kamu dapat mengabaikan beberapa percakapan.

Beberapa gawai juga memungkinkan kamu menjadwalkan perisai malam yang dapat melindungi mata dari cahaya yang cukup terang. Secara tidak langsung, Android 11 juga tidak melupakan mode gelap dan beberapa pembaruan lainnya.

Baca juga:

Waspada Aplikasi TikTok Rentan Untuk Diretas!

Fitur Android 11 yang tidak kalah menarik adalah dari segi keamanannya. Biasanya, jika sebuah aplikasi meminta izin menggunakan kamera, mengakses kontak, atau hal lain seperti itu, kamu perlu memberinya izin. Di Android 11, kami dapat memilih untuk memberikan izin 'sekali ini saja', sehingga pengguna tahu persis kapan aplikasi mengakses bagian lain dari ponsel. Fitur ini akan menghentikan aplikasi seperti Facebook untuk memeriksa keberadaan penggunanya sepanjang waktu.

Tema gelap dapat dijadwalkan. (Foto: Droid Life)

Jika kamu sering mengalami kesulitan memasang gawai di pengisian daya nirkabel, tampaknya Android 11 dilengkapi dengan perbaikan untuk itu. Android 11 akan menampilkan pesan kesalahan ketika gawai tidak selaras, sehingga pengguna harus menggunakan pengisian daya yang lain. Yang tidak kalah menarik, ketika kamu terhubung ke headphone Bluetooth dan mengaktifkan mode pesawat, Bluetooth tidak akan terputus. Fitur seperti ini sangat bermanfaat bagi mereka yang tidak ingin diganggu ketika mendengarkan musik.

Google juga mengonfirmasi fitur Android 11 yang disebut dengan 'Scoped Storage'. Fitur ini ialah cara mengatur informasi dan file yang dapat diakses dari sebuah aplikasi. Singkatnya, fitur ini membuat kecepatan membaca memori lebih cepat dan menghentikan memberikan setiap izin pada aplikasi baru. Awalnya, fitur ini dibuat dan ingin diimplementasikan pada Android 10, namun batal karena adanya keluhan dari para pengembang. Pada akhirnya, 'scoped storage' akan diaplikasikan ke Android 11.

Hanya bisa digunakan di beberapa jenis gawai saja. (Foto: The Verge/Vjeran Pavic)

Menurut The Verge, hanya ada beberapa gawai yang dapat mencoba Android 11 beta. Seperti Pixel 2, Pixel 2 XL, Pixel 3, Pixel 3 XL, Pixel 3A, Pixel 3A XL, Pixel 4, dan Pixel 4 XL. Untuk fitur-fitur selanjutnya, Google akan segera merilis acara yang digelar secara virtual. Namun, Google belum memberikan kepastian kapan acara tersebut akan digelar kembali. Kita tunggu saja fitur lainnya dari Google. (and)

Baca juga:

Tak Pandang Bulu, Play Store Tindak Tegas Aplikasi dengan Iklan Menjengkelkan


Tags Artikel Ini

Ikhsan Digdo

LAINNYA DARI MERAH PUTIH