Segera Punya Deputi Baru, BI Diultimatum Atasi Masalah Kesenjangan Ekonomi Calon Deputi Gubernur Senior Bank Indonesia terpilih Destry Damayanti (dua kanan) melakukan sesi foto bersama dalam rapat paripurna di Gedung DPR (ANTARA News/Fathur Rochman)

Merahputih.com - Wakil Ketua Komisi XI DPR RI Achmad Hafisz Tohir berharap calon Deputi Gubernur Senior Bank Indonesia Terpilih Destry Damayanti dapat meningkatkan koordinasi dengan Pemerintah, Otoritas Jasa Keuangan (OJK), dan DPR.

Koordinasi itu adalah mengenai terkait dengan kebijakan BI di bidang moneter, makro-prudensial, dan sistem pembayaran dengan tetap menjaga independensi Bank Indonesia.

"Akhirnya, kami berharap agar kebijakan-kebijakan Bank Indonesia ke depan dapat memberikan dampak Iangsung bagi kesejahteraan masyarakat, mengurangi kemiskinan dan mengatasi permasalahan kesenjangan ekonomi di Indonesia," ujar Hafisz dalam laporannya pada Rapat Paripuna di Gedung DPR RI, Jakarta, Kamis (25/7).

Baca Juga: Tiga Menteri Bidang Ekonomi Layak Diganti

Selain itu, Hafisz berharap Deputi Gubernur Senior Bank Indonesia terpilih juga dapat menjaga stabilitas perekonomian nasional dalam menghadapi adanya potensi gejolak ekonomi global dengan kebijakan moneter yang dititikberatkan pada upaya untuk memelihara stabilitas nilai rupiah.

Pada Rapat Paripuna DPR ke-23 Masa Persidangan V Tahun 2018-2019 hari ini, Destry Damayanti disetujui sebagai Deputi Gubernur Senior Bank Indonesia setelah menjalani uji kelayakan dan kepatutan pada awal Juli lalu dan disetujui Komisi XI DPR.

"Apakah laporan Komisi XI DPR RI tentang putusan terhadap calon Deputi Gubernur Senior Bank Indonesia tersebut dapat disetujui?," kata Wakil Ketua DPR, Utut Adianto dalam Rapat Paripurna DPR, di Jakarta.

Deputi Gubernur Senior Bank Indonesia terpilih Destry Damayanti saat ditemui di Gedung DPR RI, Jakarta, Kamis (25/7/2019) (ANTARA News/Fathur Rochman)

Seluruh anggota DPR yang hadir kemudian menyatakan menyetujui Destry menjadi Deputi Gubernur Senior BI.

Destry Damayanti diajukan Presiden Joko Widodo kepada DPR sebagai calon tunggal untuk menempati posisi Deputi Gubernur Senior (DGS) BI periode 2019-2024. Destry akan menggantikan Mirza Adityaswara, yang masa jabatannya selesai pada 24 Juli 2019.

Baca Juga: JK Tinggalkan PR Ekonomi untuk Ma'ruf Amin

Sebelum menjabat sebagai Anggota Dewan Komisioner Lembaga Penjamin Simpanan (LPS), sebagaimana dikutip Antara, Destry pernah mendudukI jabatan penting seperti Kepala Ekonom PT Bank Mandiri (Persero) Tbk, Direktur Eksekutif Mandiri Institute, hingga Ketua Panitia Seleksi Pimpinan Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK). (*)


Tags Artikel Ini

Angga Yudha Pratama

LAINNYA DARI MERAH PUTIH