Fashion

Segera Ganti Bra Jika Kondisinya Seperti Ini

P Suryo RP Suryo R - Kamis, 24 Mei 2018
Segera Ganti Bra Jika Kondisinya Seperti Ini
Bra memiliki masa kedaluarsa. (Foto: Pexels/Pixabay)

BAGI kaum hawa, bra memiliki peranan penting. Bra berfungsi untuk menopang payudara kita. Meski fungsinya cukup vital, mayoritas perempuan tak menyadari bahwa bra harus diganti secara berkala. Jika kamu sudah menggunakan bra yang sama selama bertahun-tahun, kini saatnya memanjakan payudara kita dengan bra yang lebih baik. Payudara kita layak mendapatkan tali dan cup bra yang berkualitas.

“Sama seperti jeans dan pakaian lainnya, bra memiliki masa kadaluwarsa di lemari pakaian kita,” tutur CEO Journelle, produk mewah dalaman, Lyn Lewis seperti dilansir dari Huffington Post.

bra
Gantilah bra bila talinya sudah renggang. (Foto: Pixabay-jackmac34)

Kita tak bisa memiliki bra yang sama selamanya. Secara teknis, bra yang dikenakan secara terus menerus talinya akan meregang dan cupnya akan kehilangan bentuk. Itu membuat ukuran bra kita menjadi berubah. Memakai bra yang tidak pas dan melar sama seperti mengenakan sepatu dengan ukuran yang salah. Kondisi bra yang seperti itu membuat kita merasa tidak nyaman saat memakainya.

“Ketika memakai bra dengan ukuran berbeda, kita akan berkali-kali menarik tali bra dan menyesuaikan cup bra dengan lingkar payudara. Hal tersebut biasa dilakukan perempuan dan mereka melakukannya tanpa sadar,” ucap Lewis.

Mengenakan bra yang cocok dan benar memberi manfaat untuk kesehatan dan aktivitas kita. Kita lebih bebas bergerak tanpa harus memperbaiki posisi bra kita berkali-kali.

orang
Pakailah bra yang nyaman di badan. (Foto: krishnasportsacademy)

Usia pakai bra tergantung dari seberapa sering kita mengenakannya. Iris Clarke, pakar Lingerie New York menjelaskan bahwa bra yang dipakai hampir setiap hari tidak boleh digunakan lebih dari satu bulan.

“Jika kau memiliki empat atau lima bra dan dipakai secara bergiliran maka dapat bertahan hingga setahun,” jelasnya. Dirinya merekomendasikan kita untuk memiliki berbagai macam bra seperti bra t-shirt, bra tanpa tali, bra berenda, dan bra backless. Simpanlah berbagai jenis bra tersebut di laci pakaian dalam untuk hasil maksimal.

Meski kita menyimpan beberapa jenis bra di laci, mungkin ada beberapa bra yang menjadi bra favorit. Biasanya kita akan mengenakan bra favorit tersebut dalam rotasi yang cukup konstan. “Jika kau memiliki bra favorit yang dikenakan berkali-kali, gantilah bra tersebut setelah enam bulan,” ujar Lewis.

Lewis dan Clarke sepakat bahwa busa bra bisa terkikis. Clarke mengatakan jika kita melihat ada lipatan atau guratan permanen pada bra maka saatnya untuk membeli bra baru.

orang
Bra dengan lapisan yang kuat akan bertahan lama. (Foto: Wonder Woman)

Tiap bra terbuat dari kain berbeda-beda. Bra yang terbuat dari kain katun biasanya lebih tahan lama. Sementara kain jenis lain biasanya lebih rentan dan tidak tahan lama. “Bra dengan lapisan yang kuat biasanya akan lebih tahan lama daripada bra dengan bahan yang lebih tipis,” terangnya.

Salah satu cara untuk menjaga bra kita tetap awet adalah dengan rutin mencucinya. Secara alami, dalam sebuah bra terdapat minyak dari kulit dan residu dari deodorant dan parfum. Mencuci secara teratur membuat kondisi bra kita tetap baik.

Beberapa perempuan mencuci bra mereka bersamaan dengan pakaian lainnya supaya proses mencuci baju berlangsung singkat. Mereka akan mencampurkan bra dengan pakaian dan celana lainnya ke mesin cuci. Namun, mencuci bra tak boleh sembarangan. Kita perlu merawatnya dengan benar untuk memaksimalkan fungsi bra kita.

“Cucilah pakaian dalam dengan sabun lembut yang dirancang khusus untuk mencuci pakaian dalam,” beber Lewis. Menurut Leis, cara terbaik mencuci bra adalah dengan tangan. Caranya, isi wastafel dengan air hangat dan sabut pakaian. Masukkan bra ke dalam air dan biarkan selama 15 menit. Bilas dan gantungkan hingga kering.

orang
Simpanlah bra di lemari. (Foto: Pixabay/moritz320)

Clarke mengungkapkan bahwa kliennya suka mencuci bra dengan tangan tetapi menaruhnya di tas laundry. Sama seperti Lewis, ia merekomendasikan kita untuk menggantungnya setelah dicuci agar kering secara sempurna.

Jangan cuci bra di binatu. Mereka akan mencuci dan melipatnya secara sembarang untuk menghemat waktu dan tenaga. Itu akan berdampak buruk pada kondisi bra kita. Akibatnya, kita akan segera membuang bra kita karena kualitasnya menurun.

Eits! Jangan buru-buru membuang bra yang rusak ke tempat sampah. Ada bebagai cara untuk membuang bra. Kita bisa menjadikan bra bekas berbagai kerajinan tangan DIY misalnya membuat headband rangkaian bunga dari tali bra atau membuat tas dari cup bra yang tak terpakai. (avia)

#Bra #Payudara
Bagikan
Ditulis Oleh

Iftinavia Pradinantia

I am the master of my fate and the captain of my soul
Bagikan