Segala Hal yang Perlu Kamu Tahu tentang iPhone XI, Ponsel Rilisan Terbaru Apple iPhone akan menghadirkan lini ponsel terbaru mereka. (foto: pexels/Tyler Lastovich)

APPLE tengah bersiap meluncurkan produk ponsel terbaru mereka. Perangkat baru tersebut amat mungkin dinamai iPhone 11 atau iPhone XI. Akan ada tiga model untuk iPhone baru tersebut, yakni model 5,8 inci sebagai pengganti iPhone XS, ukuran 6,5 inci sebagai pengganti iPhone XS Max, dan ukuran 6,1 inci sebagai pengganti iPhone XR.

1. Fitur Terbaru yang Disematkan

iPhoneXi
Warna-warni baru akan dihadirkan. (foto: dazeinfo)


Sudah pasti ada beberapa fitur baru yang bisa dibilang menarik yang disematkan ke iPhone terbaru ini. Akan ada sistem tiga kamera dan pengisian daya dua arah. Selain itu, Apple akan menambahkan beberapa warna baru ke iPhone terbaru mereka. Hal tersebut dilakukan agar para pelanggan lebih bebas untuk memilih.

Biasanya iPhone hanya menggunakan warna-warna yang aman, seperti hitam, putih, perak, emas, dan mawar emas. Namun, iPhone terbaru ini kabarnya akan memiliki berbagai macam warna seperti iPhone 5C. Apple juga akan menambahkan dua warna baru, yaitu hijau dan lavender. Namun, warna baru tersebut hanya akan tersedia di iPhone dengan ukuran 6,1 inci.

2. Tanggal Rilis

iPhone Xi
iPhone terbaru akan dikenalkan September mendatang. (foto: t3)

Bahkan sebelum Apple resmi mengumumkan produk mereka, pelanggan setia Apple telah menanti-nati tanggal rilis. Produk terbaru Apple ini akan dikenalkan pada 10 September mendatang. Mereka mulai membuka preorder pada 13 September dan akan dikirimkan pada 20 September mendatang.

Soal harga, tak ada tanda bahwa Apple akan sedikit memiringkannya. Diperkirakan, harga iPhone terbaru ini cenderung tidak jauh berbeda dengan line-up saat ini. Model dengan 5,8 inci mulai amat mungkin dibanderol sekitar Rp16 juta, sedangkan 6,5 inci dimulai dengan harga Rp17,5 juta, dan model 6,1 inci yang memiliki spesifikasi sedikit rendah dimulai dengan harga Rp13 juta.

3. Sistem 3 Kamera

iphone xi
Salah satu model akan memiliki 3 kamera. (foto: Macroumors)

Agar perangkat ponsel mereka lebih keren, Apple dikabarkan sedang mempersiapkan sistem tiga kamera belakang. Setiap lensa memiliki fungsi sendiri, seperti lebar, telefoto, dan ultra lebar. Seorang analis, Ming Chi Kuo, mengklaim bahwa tiga kamera hanya akan disematkan pada model 6,5 inci. Sementara itu, model 5,8 dan 6,1 inci tetap menggunakan kamera ganda.


4. Pengisi Daya Baru

iphone xi
iPhone terbaru akan menggunakan pengisi daya yang berbeda. (foto: star tech)


Selain perubahan pada kamera, iPhone terbaru juga menggunakan port pengisian daya USB tipe C, bukan port lightning yang digunakan saat ini. USB-C saat ini menjadi konektor standar universal yang biasa digunakan untuk mengisi daya barang elektronik.
Pengisi daya jenis ini memungkinkan untuk mengisi daya lebih cepat jika dibandingkan dengan USB versi sebelumnya. Apple memperkenalkan USB-C pada iPad Pro di 2018 dan banyak sekali pelanggan iPhone yang ingin generasi iPhone selanjutnya menggunakan USB-C yang serupa.

Selain itu, iPhone terbaru bisa mengisi daya perangkat lain. Jadi saat temanmu kehabisan baterai, kamu hanya perlu menempelkan perangkat temanmu ke ponsel kamu. iPhone 11 juga akan memiliki konektivitas yang kencang di mana pun kamu berada. Yang enggak kalah cangih, iPhone11 juga memiliki layar sentuh yang bisa digunakan dalam air.(ape)



Dwi Astarini

LAINNYA DARI MERAH PUTIH