Jangan Gaduh di Bumi Perkemahan Tidak perlu takut, bumi perkemahan itu aman (Foto: snapwire)

MELANCONG dengan cara berkemah memang sangat menyenangkan. Kamu akan merasakan alam terbuka. Tentu pengalaman yang jarang kamu rasakan di perkotaan bukan? Kamu pun
bisa dengan lebih mudah menghilangkan kepenatan sambil menikmati alam hijau yang sangat asri. Belum lagi cuacanya pasti sejuk. Udaranya juga bersih.

Kamu juga tidak perlu takut untuk berkemah. Sekarang bukan zamannya ada cerita pelancong diterkam hewan buas. Di Indonesia ini sudah banyak tersedia bumi perkemahan kok. Sehingga dengan suasana nyaman dan aman, kamu tetap bisa merasakan sensasi berlibur di alam liar.

Berkemah juga bisa dilakukan bersama teman atau keluarga. Namun, sebelum berkemah penting bagi kamu untuk mengetahui beberapa hal ini. Supaya acara berkemah kamu lancar dan berkesan. Nah, berikut beberapa hal yang perlu kamu ketahui.

1. Jangan datang malam

Kamu akan sulit membangun tenda dengan suasana gelap (Foto: Pexels/Pixabay)

Tidak masalah kalau kamu tiba di tempat berkemah pada pagi, siang, atau sore hari. Tapi jangan coba-coba datang di malam hari. Suasana yang gelap akan menyulitkan kamu untuk mendirikan tenda. Apalagi kalau tiba-tiba hujan lebat turun. Yang ada kamu malah tidur di luar deh. Atau bisa-bisa kamu malah pulang lagi.

2. Tahu waktu

Jangan ganggu orang yang sudah tidur (Foto: Pexels/Jens Mahnke)

Salah satu aturan yang harus kamu ketahui saat berkemah ialah patuhi jam malam. Saat waktu sudah malam jangan lagi beraktivitas. Cukup berada di dalam tenda tanpa suaranya yang keras. Kamu bisa mengganggu pelancong lain yang ada di perkemahan itu. Belum lagi, kamu bisa membangunkan hewan yang hidup di alam. Awas diganggu loh nanti.

3. Jangan minum alkohol

Saatnya menyatu dengan alam, bukan mabuk (Foto: Pexels/Pixabay)

Biasanya anak muda nih yang begini. Memang sih kamu mau bebas di alam sambil meminum alkohol. Tapi ingat ya, kamu sedang berada di perkemahan. Ada orang lain bahkan ada juga keluarga yang membawa anak. Masa sih kamu mau jadi contoh yang tidak baik. Sekarang saatnya kamu menyatu dengan alam, bukan malah mabuk-mabukan.

4. Jangan pasang musik

Pakai earphone atau tidak usah dengarkan musik (Foto: Pexels/Burst)

Hal ini akan sama mengganggu. Ketika sedang jenuh di perkemahan rasanya memang asyik sambil mendengarkan musik. Tapi perkemahan ini bukan milik kamu pribadi. Sebaiknya dengarkan musik menggunakan earphone. Atau ya lebih baik tidak usah dengarkan musik sama sekali. Lebih baik kamu bercengkrama dengan teman kamu.

Sahabat Merah Putih sudah siap berkemah pekan ini? (ikh)

Baca juga: Melancong Ala Backpacker Bareng Anak? Mengapa Tidak

Kredit : digdo

Tags Artikel Ini

Ikhsan Digdo

LAINNYA DARI MERAH PUTIH