Sedikit yang Tahu, Latihan Yoga Ternyata Bisa Atasi Rasa Kangen Yoga ternyata memiliki fungsi tersembunyi. (Foto: Pixabay/Pexels)

EMOSI tidak selalu rumit, namun tidak juga mudah untuk dipahami. Hal ini bisa kita rasakan ketika kehilangan pasangan saat menjalani hubungan jarak jauh. Atau munculnya rasa kangen dengan pasangan walaupun baru bertemu beberapa menit yang lalu. Para pakar menganggap bahwa kedua hal tersebut adalah wajar. “Emosi cinta dapat mengubah neurobiologi otak seseorang,” ujar psikoterapis Puja Parikh seperti yang dilansir dari laman Bustle.

Parikh juga mengatakan bahwa perasaan puas bisa dirasakan ketika kamu memeluk, mencium, berhubungan seks, dan berbagi momen dengan pasangan. Kamu juga dapat membentuk ikatan dan mengasosiasikan pasanganmu dengan kesenangan dan kebahagiaan.

Baca juga:

Kangen Seseorang? 6 Lagu Ini Bakal Bikin Kamu Baper

Saat kamu terikat dengan seseorang, otak akan melepaskan bahan kimia seperti dopamin, oksitosin, dan serotonin. Judy Ho, nerupsikolog klinis, mengatakan bahwa bahan kimia tidak hanya membuatmu merasa baik dan membantu mempertahankan rasa puas, tetapi juga menuntun untuk mencari stimulus. Dalam hal ini, stimulusnya adalah pasanganmu.

Sedikit yang Tahu, Latihan Yoga Bisa Atasi Rasa Kangen
Judy Ho. (Foto: Twitter/@DrJudyHo)

“Ketika kamu terpisah dari mereka, secara naluriah otak akan mencari mereka untuk mendapatkan imbalan itu lagi,” kata Ho. Perasaan yang kamu rasakan ketika kangen dengan seseorang, menandakan bahwa otak akan mencari mereka dan biasanya kadar oksitosin dan dopamin mengalami penurunan.

Baca juga:

Mesra di Media Sosial Tanda Hubungan tak Bahagia?

“Sentuhan fisik, koneksi seksual, dan koneksi perasaan meningkatkan pada level ini. jika kita tidak mendapatkan dosis kimiawi bahagia alami, baiknya mulai mencari pengganti yang baru,” ujar Tara L. Skubella, seorang pakar hubungan.

Sedikit yang Tahu, Latihan Yoga Bisa Atasi Rasa Kangen
Yoga dapat membantu melepaskan oksitosin dan dopamin. (Foto: Pixabay/SofieZborilova)

Ada banyak cara untuk melakukannya, seperti meningkatkan jumlah sentuhan yang dialami setiap hari. Bisa berupa sentuhan fisik, seperti dipijat, memeluk seseorang, dan memeluk hewan peliharaan. Meditasi, yoga, dan pernafasan juga dapat membantu melepaskan oksitosin dan dopamin dengan cara yang sehat.

Faktanya, sebuah studi pada 2013 yang diterbitkan dalam Indian Journal of Psychiatry, menumkan bahwa, hanya dengan satu sesi yoga, dapat membantu meningkatkan kadar oksitosin. Selama kamu menangani perasaan secara sehat, tidak menjadi masalah jika merindukan pasanganmu walaupun baru saja bertemu. Semua itu wajar. (And)

Baca juga:

Jangan Menyerah, Menjalani LDR Ternyata Baik buat Kamu


Tags Artikel Ini

Ananda Dimas Prasetya

LAINNYA DARI MERAH PUTIH