Jokowi Mantu

Sederhana dan Homey, ini Menu yang Disajikan di Pesta Adat Kahiyang-Bobby

Dwi AstariniDwi Astarini - Senin, 27 November 2017
Sederhana dan Homey, ini Menu yang Disajikan di Pesta Adat Kahiyang-Bobby
Gulai ubi tumbuk. (foto: foody.id)

RANGKAIAN pernikahan putri Presiden Jokowi diakhiri dengan acara adat ngunduh mantu di daerah asal Bobby, Sumatra Utara. Rangkaian acara adat itu dimulai Senin (20/11) hingga puncaknya ialah acara resepsi pada Minggu (26/11).

Sama seperti ketika resepsi pernikahan di Surakarta, pesta adat kali ini juga tidak bisa dilepaskan dari kuliner daerah. Pada acara di Surakarta, sejumlah menu tradisional Jawa terlihat disajikan kepada tamu, seperti nasi liwet, ledre, sate kere, hingga serabi. Sementara itu, pesta adat di Medan menu yang disuguhkan ialah kuliner khas Mandailing.

Meskipun merupakan acara pernikahan anak orang nomor satu di Indonesia, kuliner yang disajikan bisa dibilang sederhana, khas, dan homey.

Apa saja sih menu makanan acara adat di Medan?


1. Gulai daun ubi tumbuk

Gulai daun ubi tumbuk atau yang dikenal gule bulung gadung dalam budaya Mandailing adalah gulai khas yang berasal dari Mandailing Natal. Gulai ini berwara hijau plus aromanya sedap.

Gulai daun ubi tumbuk Mandailing punya rasa yang berbeda dengan daun ubi tumbuk di berbagai daerah. Yang membuat gulai daun ubi tumbuk Mandailing berbeda ialah tambahan cekokan (dalam bahasa Mandailing disebut rimbang).

Gulai ikan sale. (foto: imgrum.org)

2. Gulai ikan sale

Ikan sale dalam bahasa Mandailing berarti ikan yang dikeringkan menggunakan asap. Pengolahan ikan dengan cara diasapi tak hanya membuat ikan jadi awet, tapi juga membuatnya jadi makin gurih.

Biasanya, jenis ikan yang dijadikan ikan sale ialah ikan lele. Namun, ada juga ikan mas yang diolah menjadi ikan sale.

Saat dimasak gulai dengan kuah santan, ikan sale membei rasa pedas yang berbeda dari gulai lainnya. Karena itulah, kuliner satu ini banyak digemari penikmat kuliner.

Balado ikan sale. (foto: masakandapurku.com)


3. Balado ikan sale dengan bawang batak

Selain digulai, ikan sale juga nikmat diolah balado. Dalam olahannya, tak lupa dimasukkan bawang batak atau yang biasa disebut lokio. Bahan makanan itu sekarang cukup mudah ditemukan di kota-kota besar di Indonesia. Rasanya mirip perpaduan bawang merah dan daun bawang. Nikmat sekali kalau dimasak dengan bumbu arsik atau balado.

Sambal tuk-tuk. (foto: inibangsaku)

4. Sambal tuk-tuk

Sambal tuk-tuk merupakan sambal khas Mandailing. Sambal tuk-tuk sangat enak disantap bersama gulai bulung gadung maupun bolgang.

Seperti sambal pada umumnya, sambal satu ini diuat dari cabai merah atau rawit dengan tambahan ikan asin teri atau belanak. Nama tuk-tuk diambil dari cara pembuatan sambal itu, yaitu dengan cara ditumbuk.

Sup sipirok. (foto: bobo)

5. Sup daging sipirok

Nama sipirok diambil dari nama daerah di Tapanuli Selatan. Di suatu masa, ada orang Sipirok yang merantau ke Medan. Ia membawa serta resep sup yang lezat. Dari sanalah lahir sup sipirok yang terkenal.

Daging yang digunakan dalam sup sipirok tidak sembarangan. Daging diambil dari bagian pinggul dan paha kerbau dengan kualitas nomor satu. Tampilan sup sipirok bening, tapi kaya rempah.(*)

Bagikan
Ditulis Oleh

Dwi Astarini

Love to read, enjoy writing, and so in to music.
Bagikan