Sederet Platform Streaming Film Ikut Beri Dukungan Anti Rasisme Sejumlah platform streaming film turut memberi dukungan gerakan anti rasisme. (Foto: Variety)

TRAGEDI rasisme yang menimpa warga AS keturunan Afrika-Amerika menyita perhatian dunia, tak terkecuali platform streaming film. Sebelumnya, Nike telah merilis sebuah video yang mengajak masyarkat untuk membuka mata terhadap kasus rasisme seperti yang dialami George Floyd. Kini, giliran Netflix dan platform streaming film lainnya yang menyuarakan sikap melalui akun media sosial mereka.

Mengambil langkah yang tidak biasa, Netflix, Hulu, HBO, Amazon Studios, Quibi, hingga YouTube turut mendukung gerakan anti rasisme yang menimpa George Floyd.

Mereka menggunakan akun Twitter resminya untuk mengambil sikap dan mendukung gerakan 'Black Lives Matter' di tengah protes nasional yang sedang berlangsung di Minneapolis, Amerika Serikat.

Baca juga:

Pria Kulit Hitam Tewas saat Ditangkap Polisi di Amerika Serikat, ini Kisahnya

Sementara itu, CEO Paramount Jim Gianopulos mengirim sebuah memo kepada karyawan yang menyatakan bahwa “Terlalu banyak anggota komunitas kulit hitam telah dicuri nafasnya melalui ketidakadilan rasial.”

Netflix melalui cuitannya pada Sabtu (30/5) sore mengatakan, “Berdiam diri berarti terlibat. Black Lives Matter. Kami memiliki platform, dan kami memiliki kewajiban untuk para orang kulit hitam, karyawan, pencipta, dan bakat kami untuk berbicara.”

Langkah ini juga mendapat tanggapan dari sutradara Ava DuVernay dan pemain seri Orange Is the New Black dan Putri Amerika, Uzo Aduba.

Selain itu, YouTube juga mengunggah sebuah cuitan di akun Twitter yang berbunyi “Kami berdiri sebagai solidaritas melawan rasisme dan kekerasan. Ketika salah satu anggota kami terluka, kita semua terluka. Kami berjanji akan mengeluarkan USD 1 juta untuk mendukung upaya mengatasi ketidakadilan sosial.”

Baca juga:

Tanggapi Tragedi George Floyd, Nike Rilis Video Anti Rasisme ‘Don’t Do It’

Hulu, salah satu perusahaan yang dimiliki Disney juga mengunggah cuitannya di Twitter dan Instagram yang mengirim pesan bahwa mereka mendukung hak orang kulit hitam hari ini dan setiap saat. Hulu menjadi satu-satunya perwakilan Disney yang turut bersuara terkait masalah rasisme ini.

Dengan menggunakan tagar #BlackLivesMatter, HBO mengungkapkan bahwa bukan cinta atau teror yang membuat orang buta, melainkan ketidakpedulian. Mereka berdiri bersama para rekan kerja, karyawan, penggemar, aktor, hingga pendongeng kulit hitam di HBO.

Amazon Studios juga turut mengunggah kepedulian mereka di akun Twitter dan Instagram. “Bersama kita berdiri dengan komunitas kulit hitam. Mulai dari kolega, seniman, penulis, pendongeng, produser, dan penonton kita, dan semua sekutu dalam perang melawan rasisme dan ketidakadilan,” tulis Amazon Studios.

Sama dengan platform streaming film lainnya, Quibi juga mendukung gerakan antirasisme. “Kami berdiri bersama melawan ketidakadilan,” tulis Quibi di akun Twitternya.

Tragedi yang menimpa George Floyd menyita banyak perhatian masyarakat dunia dan para perusahaan. Saat ini, kondisi di Minneapolis masih diselimuti dengan aksi demonstrasi hingga berujung ricuh. (and)

Baca juga:

Jadi Korban Rasisme di Oscar 2020, Bong Joon Ho Dibela John Legend



Ananda Dimas Prasetya

LAINNYA DARI MERAH PUTIH