Sederet Museum Unik yang Ada di Indonesia Museum Kesehatan Dr.Adhyatma (Sumber: Instagram/muchson_ali)

Museum memang sering diidentikan sebagai tempat menyimpan benda-benda peninggalan zaman dulu. Padahal tidak semua museum punya koleksi-koleksi benda bersejarah. Misalnya museum Zoologi di Bogor dengan berbagai jenis koleksi hewan yang diawatkan atau bentuk fosil.

Di Indonesia ada banyak museum unik, tentu dengan koleksi yang unik pula. Penasaran museum apa saja itu? Dirangkum dari berbagai sumber, berikut ini museum unik yang ada di Indonesia.

1. Museum Kesehatan Dr. Adhyatma - Surabaya

Museum Kesehatan Dr.Adhyatma (Sumber: Instagram/muchson_ali)
Museum Kesehatan Dr.Adhyatma (Sumber: Instagram/muchson_ali)

Meski namanya museum kesehatan, namun bukan hanya peralatan medis modern yang menjadi koleksinya. Di tempat ini kita juga bisa melihat berbagai peralatan medis tradisional hingga boneka jailangkung, yang kerang digunakan untuk memanggil arwah. Karena keunikannya ini, Museum Kesehatan Dr. Adhyatma juga sering disebut sebagai Museum Santet.

2. Museum Rekor Indonesia (MURI) - Semarang

Museum Rekor Indonesia (Sumber: Instagram/meti_istimurti's profile picture meti_istimurti)
Museum Rekor Indonesia (Sumber: Instagram/meti_istimurti)

Siapa yang tidak tahu dengan Museum Rekor Indonesia (MURI), Sebuah wadah untuk mencatat rekor di Indonesia ini memiliki museum di Semarang, tepatnya di Jalan Perintis Kemerdekaan 275. Di sana kita bisa melihat rekor apa saja yang pernah di pecahkan di Indonesia.

3. Museum Nyamuk - Ciamis

Museum Nyamuk (Sumber: Instagram/Museum_nyamuk)
Museum Nyamuk (Sumber: Instagram/Museum_nyamuk)

Museum Nyamuk? Beneran ada? Yups, museum yang berada di Dusun Kamurang, Desa Babakan, Kecamatan Pangandaran ini memiliki berbagai informasi tentang nyamuk. Kamu bisa belajar mengenai jenis-jenis nyamuk hingga cara mengobati gigitan nyamuk secara alami. Menariknya museum yang dikelola Kementerian Kesehatan RI ini punya koleksi spesies nyamuk di seluruh Indonesia.

4. Museum Pasifika - Bali

Museum Pasifika (Sumber: Instagram/cheepcheep97)
Museum Pasifika (Sumber: Instagram/cheepcheep97)

Kalau kamu suka seni dan sedang berada di Nusa Dua, Bali, kamu harus berkunjung ke Museum Pasifika. Di tempat ini ada banyak koleksi karya seni mulai dari lukisan hingga patung karya seniman-seniman Indonesia seperti Nyoman Gunarsa dan Affandi. Hebatnya, museum ini adalah museum seni terlengkap bukan hanya di Indonesia melainkan juga dunia.

5. House Of Sampoerna - Surabaya

Sudut ruangan Huse of Sampoerna (Sumber: Instagram/someone_wholovestotra)
Sudut ruangan Huse of Sampoerna (Sumber: Instagram/someone_wholovestotra)

Museum ini adalah bangunan peninggalan Liem Seeng Tee, pendiri dari perusahaan rokok terbesar di Indonesia, PT. HM Sampoerna. Di House Of Sampoerna kita bisa melihat berbagai benda peninggalan zaman dulu dalam membuat rokok kretek. Uniknya, tempat ini bukan cuma menjadi museum melainkan tempat produksi. Di lantai dua kita bisa melihat proses pembuatan korok kretek oleh ratusan bekerja.


Tags Artikel Ini

Muchammad Yani

LAINNYA DARI MERAH PUTIH