Sederet Manfaat Singkong yang Wajib Kamu Ketahui Singkong punya segudang manfaat (Sumber: falco)

SINGKONG dibudidayakan secara luas di daerah tropis dan subtropis. Tumbuhan dengan nama ilmiah Manihot esculenta ini dikenal sebagai pengganti nasi karena memiliki karbohidrat yang cukup tinggi. Selain itu singkong juga kaya akan nutrisi. Di Indonesia sendiri ada banyak makanan berbahan baku singkong.

Meski demikian, cara mengolah singkong yang salah dapat mengurangi nilai gizinya karena vitamin, mineral, serat, dan pati resisten cenderung hilang saat dimasak. Cara yang paling efektif agar gizi di singkong tetap utuh adalah merebusnya.

Nah, dilansir dari Boldsky, berikut ini manfaat kesehatan yang akan kamu dapat saat mengonsumsi singkong.

1. Menurunkan berat badan

Mampu menurunkan berat badan (Sumber: Pixabay/jarmoluk)
Mampu menurunkan berat badan (Sumber: Pixabay/jarmoluk)

Seperti yang tadi dijelaskan, singkong kaya akan karbohidrat. Saking tingginya ia menempati urutan ketiga setelah nasi dan jagung. Singkong adalah pilihan tepat bagi kamu yang ingin menurunkan berat badan. Selain rendah kalori, singkong juga punya serat tinggi sehingga membuatmu merasa kenyang lebih lama.

2. Menyembuhkan migrain

Mampu meneymbuhkan migrain (Sumber: Pixabay/RobinHiggins)
Mampu menyembuhkan migrain (Sumber: Pixabay/RobinHiggins)

Kehadiran vitamin B2 dan riboflavin dalam umbi bermanfaat untuk menyembuhkan sakit kepala dan migrain. Caranya adalah ambil 60 gram umbi atau daun singkong dan rendam dalam air selama 2 jam. Setelah itu blender. Minum airnya untuk membantu migran parah.

3. Meningkatkan pencernaan

Membantu pencernaan (Sumber: Pixabay/silviarita)
Membantu pencernaan (Sumber: Pixabay/silviarita)

Seperti disebutkan di atas, singkong kaya akan serat makanan. Serat yang tidak larut membantu dalam meningkatkan sistem pencernaanmu dengan menyerap semua racun yang tersimpan di usus. Ia juga mengurangi peradangan dalam saluran pencernaan.

4. Mengobati diare

Mengobati diare (Sumber: Pixabay/derneuemann
Mengobati diare (Sumber: Pixabay/derneuemann)

Sifat antioksidan dari akar dapat membantu mengatasi diare. Jika kamu menderita masalah tersebut, rebus singkong selama satu jam dan lalu konsumsi. Singkong tersebut membantu dalam menyingkirkan bakteri yang menyebabkan masalah perut dan mengurangi gejala diare juga. Kandungan seratnya juga membantu dalam menyembuhkan gejala diare.

5. Meningkatkan penglihatan

Mampu meningkatkan pengelihatan (Sumber: Pixabay/Pexels)
Mampu meningkatkan pengelihatan (Sumber: Pixabay/Pexels)

Salah satu manfaat utama lain yang dimiliki oleh singkong adalah untuk kesehatan mata kamu. Mengonsumsi singkong secara teratur membuat vitamin dan miteral tubuh stabil. Singkong memiliki vitamin A, yang terkenal sangat baik untuk kesehatan mata.


Tags Artikel Ini

Muchammad Yani