Sederet Manfaat Kesehatan Saat Kamu Mengonsumsi Stroberi Stroberi punya banyak manfaat kesehatan (Sumber/Pixabay/atlantis0815)

MERAH, berair dan agak asam, stroberi memang menjadi suguhan pas di musim kemarau. Buah ini bisa dikonsumsi langsung, dijadikan jus, selai, hingga olahan lainnya. Di Indonesia sendiri ada banyak lokasi yang membudidayakan stroberi. Misalnya Magetan, Malang dan Bandung.

Stroberi biasanya digunakan sebagai menu diet. Karena selain bisa menyegarkan, buah ini kaya akan antioksidan serta senyawa tanaman yang bermanfaat bagi kesehatan kamu secara keseluruhan.

Baca juga: 5 Manfaat dari Biji Markisa. Sudah Tahu?

Nah, dilansir dari Boldsky, berikut ini manfaat kesehatan yang akan kamu dapatkan saat rajin mengonsumsi stroberi.

1. Melindungi jantung

Melindungi jantungmu (Sumber: Pixabay/Pexels)
Melindungi jantungmu (Sumber: Pixabay/Pexels)

Stroberi dikemas dengan antioksidan yang menyehatkan jantung seperti asam ellagic, ellagitannins, anthocyanin, catechin, dan quercetin. Semua antioksidan ini mengurangi risiko aterosklerosis dan melindungi jantung terhadap kolesterol jahat.

2. Mengatur tekanan darah

Mengatur tekanan darah (Sumber: Pixabay/qimono)
Mengatur tekanan darah (Sumber: Pixabay/qimono)

Kandungan kalium yang tinggi dalam stroberi dapat membantu menurunkan tekanan darah tinggi. Seperti yang diketahui, orang dengan kadar kalium rendah memiliki peningkatan risiko tekanan darah tinggi, stroke dan batu ginjal.

Baca juga: 10 Manfaat Mengonsumsi Jengkol bagi Kesehatan

3. Mencegah kanker

Mencegah kanker (Sumber: Pixabay/PDPics)
Mencegah kanker (Sumber: Pixabay/PDPics)

Tingginya jumlah antioksidan dalam stroberi membuatnya mampu melawan radikal bebas, menghambat pertumbuhan tumor dan mengurangi peradangan dalam tubuh. Penelitian telah menunjukkan bahwa stroberi dapat mencegah kanker mulut dan hati. Ini karena adanya asam ellagic dan ellagitannins yang menghentikan pertumbuhan sel kanker.

4. Kontrol gula darah

Mengontrol gula darah (Sumber: Pixabay/Stevepb)
Mengontrol gula darah (Sumber: Pixabay/Stevepb)

Stroberi adalah sumber serat yang baik, yang membantu menstabilkan kadar gula darah. Buah ini juga merupakan makanan indeks glikemik rendah, menjadikannya pilihan terbaik bagi penderita diabetes. Selain itu senyawa yang ditemukan berlimpah di stroberi mengurangi komplikasi diabetes seperti penyakit ginjal dan neuropati.

5. Membantu menurunkan berat badan

Menurunkan berat badan (Sumber: Pixabay/cocoparisienne)
Menurunkan berat badan (Sumber: Pixabay/cocoparisienne)

Sebagai sumber serat yang baik, stroberi memberikan perasaan kenyang setelah dikonsumsi. Ini, pada akhirnya mengurangi nafsu makan dan lemak tubuh. Alhasil stroberi sangat direkomendasikan bagi orang yang mengalami obesitas atau kelebihan berat badan.

Baca juga: Yuk, Cari Tahu Manfaat Kesehatan Sayur Tauge


Tags Artikel Ini

Muchammad Yani

LAINNYA DARI MERAH PUTIH