Sederet Manfaat Kesehatan dari Daun Talas Ada banyak manfaat daru daun talas (Sumber: Pixabay/dimitrisvetsikas1969)

TALAS adalah sebuah tanaman tropis yang banyak tumbuh di negara-negara Asia Tenggara. Di Indonesia, talas sering dijadikan sebuah camilan baik digoreng, dibakar, direbus atau dikukus. Tak akarnya saja, daunnya juga sering dijadikan masakan sepert sayur asem atau buntil.

Daun talas memiliki bentuk hati dengan warna hijau tua. Jika dimasak, rasanya seperti daun bayam. Nilai gizi daun talas sangat tinggi. 100 gram daun talas mentah mengandung 42 kkal (energi), 4.98 gram protein, 6.70 gram karbohidrat, 3.7 gram serat makanan.

Selain itu 100 gram daun talas mentah juga mengandung 60 mg fosfor, 3 mg natrium, 52 mg vitamin, 4825 IU vitamin A, 2.02 mg vitamin E 108, 6 μg vitamin K, 0.146 mg vitamin B6, 126 µg folate, 0.41 mg zinc, 3 mg sodium, 45 mg magnesium dan beberapa kandungan gizi lainnya.

Nah, dilansir dari bloldsky, berikut ini beberapa manfaat kesehatan yang bisa kamu dapatkan dari daun talas.

1. Mencegah kanker

Daun talas mencegah kanker (Sumber: Pixabay/SandeepHanda)
Daun talas mencegah kanker (Sumber: Pixabay/SandeepHanda)

Daun talas merupakan sumber vitamin C, antioksidan yang larut dalam air. Vitamin ini memiliki efek antikanker sehingga menghambat pertumbuhan tumor kanker dan menurunkan perkembangan proliferasi sel kanker. Menurut sebuah penelitian, konsumsi talas dapat menurunkan tingkat kanker usus besar. Studi lainnya menunjukkan talas efektif mengurangi sel kanker payudara.

2. Meningkatkan kesehatan mata

Talas merupakan tumbuhan tropis (Sumber: Pixabay/varintorn
Talas merupakan tumbuhan tropis (Sumber: Pixabay/varintorn

Daun talas kaya akan vitamin A yang penting dalam menjaga kesehatan mata dan mencegah degenerasi makula terkait usia. Vitamin A dalam daun talas bekerja pada mata untuk pencegahan katarak.

3. Menurunkan tekanan darah tinggi

Daun talas memiliki kandungan untuk menurunkan tekanan darah (Sumber: Pixabay/stevepb)
Daun talas memiliki kandungan untuk menurunkan tekanan darah (Sumber: Pixabay/stevepb)

Daun talas dapat menurunkan tekanan darah tinggi atau hipertensi karena adanya saponin, tanin, karbohidrat dan flavonoid. Sebuah penelitian menyebutkan ekstrak daun talas merupakan antihipertensi. Peyakit ini cukup membahayakan. Tekanan darah tinggi dapat menyebabkan stroke, merusak pembuluh darah otak dan menghalangi aliran darah ke otak.

4. Memperkuat sistem kekebalan tubuh

Mampu memperkuat sistem imun (Sumber:  Pixabay/silviarita)
Mampu memperkuat sistem imun (Sumber: Pixabay/silviarita)

Karena memiliki kandungan vitamin C yang banyak, daun talas mampu meningkatkan sistem kekebalan tubuh Anda secara efisien. Beberapa sel, terutama sel-t dan fagosit dari sistem kekebalan memerlukan vitamin C untuk berfungsi dengan baik. Jika vitamin C rendah dalam tubuh, sistem kekebalan tidak mampu melawan patogen.

5. Mencegah diabetes

Daun talas mencegah diabetes (Sumber: Pixabay/TesaPhotography)
Daun talas mencegah diabetes (Sumber: Pixabay/TesaPhotography)

Berdasarkan penelitian dengan tikus diabetes, disimpulkan kalau daun talas mampu menurunkan kadar glukosa darah dan mencegah hilangnya berat badan. Diabetes memang sangat berbahaya. Jika tidak diobati, dapat menyebabkan kerusakan ginjal, kerusakan saraf, dan penyakit jantung.

6. Membantu pencernaan

Daun talas mampu membantu sistem pencernaan (Sumber: Pixabay/silviarita)
Daun talas mampu membantu sistem pencernaan (Sumber: Pixabay/silviarita)

Daun talas diketahui dapat membantu pencernaan dan mengatasi masalah pencernaan karena adanya serat makanan. Daun talas juga mendukung pertumbuhan mikroba menguntungkan seperti Escherichia coli dan Lactobacillus acidophilus yang hidup damai di usus.


Tags Artikel Ini

Muchammad Yani

LAINNYA DARI MERAH PUTIH