Sedap, 7 Sajian Khas Batak ini Wajib Dicoba Hidangan Batak amat terkait dengan tradisi. (foto: foody.id)

BAGI suku Batak, makanan dan tradisi merupakan hal yang tak bisa dipisahkan. Upacara adat pastilah dimeriahkan dengan sajian khas yang mengundang selera. Bahkan tak jarang sajian-sajian tersebut menerbitkan kerinduan warga suku Batak di perantauan.

Saat berwisata ke Danau Toba, pastikan kamu mencicipi sajian khas Batak tersebut. Berikut 7 sajian khas Batak yang wajib kamu coba.


1. Naniura

naniura
Dulunya, naniura merupakan hidangan para raja Batak. (foto: Instagram @mariskasebayang)

Jika Peru punya ceviche, orang Batak punya naniura. Pada dasarnya, ceviche merupakan sajian ikan mentah dalam rendaman bumbu rempah.

Naniura yang merupakan hidangan khas dari Tapanuli ini juga disajikan mentah. Bahan dasar sajian ini ialah ikan mas, nila, atau mujair. Dari namanya, naniura dalam bahasa Batak berarti 'ikan yang tidak dimasak'. Cukup dengan ikan segar dengan bumbu pelengkap, sajian ini sudah siap disantap.

Dulunya, naniura hanya disajikan di hadapan para raja. Namun, seiring waktu, banyak orang menggemari kenimatannya. Akhirnya, hidangan ini dibuat dan disantap semua orang.

Kendati disajikan mentah, menu bernama Naniura ini tidak memiliki aroma amis khas ikan. Bahkan sensasinya mirip salad ikan yang segar. Proses membuatnya cukup membutuhkan waktu. Dimulai dengan membersihkan ikan mas segar atau dekke. Duri dan organ dalam ikan dibuang, kemudian daging ikan direndam dalam air asam jungga. Setelah itu, ikan disiram dengan bumbu khas Batak yang di dalamnya terdiri dari andaliman serta kecombrang.


2. Mangasik Toba

mangasik toba
Orang Batak mengolah ikan gabus menjadi mangasik toba yang mantap. (foto: facebook/yuzzie.dharma)

Bawang Batak sekilas terlihat seperti lokio amat nikmat diolah bersama ikan gabus. Mangasik toba nama sajiannya. kan gabus terlebih dahulu bersihkan sisik dan insangnya. Bumbu-bumbu mangasik toba cukup beragam, seperti andaliman, kunyit, jahe, kemiri, bawang putih dan merah, dan cabai merah. Semuanya dihaluskan dan dicampurkan dalam ikan yang sudah dipotong-potong.

Mangasik toba sangat disukai. Rasanya terkenal gurih dengan citarasa asam pedasnya. Di Tanah Batak, mangasik toba biasa disajikan dalam acara kumpul keluarga.


3. Mi Gomak

mi gomak
Kelezatan mi gomak tetap juara. (foto: Instagram @miurai.world)

Daerah Batak Toba, dari Sibolga dan Tapanuli, punya makanan khas yang melekat banget di hati dan lidah orang Batak. Mi gomak namanya. Namanya memang unik. Gomak dalam bahasa Batak berarti dicomot dengan tangan. Penamaan mi gomak memang berawal dari penyajian makanan ini yang dilakukan dengan menggomak-gomak mi.

Tampilan mi gomak lebih mirip pasta spaghetti ketimbang mi. Cara membuatnya, mi direbus terlebih dahulu, terpisah dari kuah dan sambalnya. Yang bikin mi gomak ini khas ialah penggunaan andaliman yang merupakan ciri khas kuliner Batak.

Selain itu, mi yang digunakan untuk mi gomak pun bukan mi biasa, melainkan mi lidi yang cuma bisa ditemukan di Sumatra Utara. Ada dua varian mi gomak yang biasanya disajikan, yakni basah dengan ciri khasnya memiliki kuah yang gurih dan goreng yang dibuat dengan cara digoreng.

Umumnya, mie gomak disajikan basah alias berkuah. Mi lidi yang telah direbus akan diberi kuah berkaldu ayam dengan bumbu saus dan tambahan sayuran. Jika masih ingin tambah lauk, mi gomak juga umum disajikan bersama bakwan, kerupuk, atau mendoan.


Tags Artikel Ini

Dwi Astarini

LAINNYA DARI MERAH PUTIH