Sedang Dilanda Kecemasan? Hilangkan dengan Konsumsi Matcha Matcha membantu kamu merasa rileks. (foto: pixabay/naturalogy)

SAAT merasa cemas, beberapa orang akan beralih ke makanan sebagai penenang. Namun, hal itu bisa berakibat buruk bagi kesehatan. Makan dengan dorongan impulsif cenderung membuat kamu menggendut.

Alternatif lain yang bisa kamu pilih untuk mengusir rasa cemas ialah mengonsumsi matcha. Varian teh assal Jepang ini telah dikenal memiliki manfaat kesehatan, salah satunya membantu kamu merasa rileks.

Seperti dilansir Antara, sebuah studi yang dipimpin Dr Yuki Kurauchi dari Kumamoto University, mengungkap khasiat matcha untuk meredakan kecemasan. Peneliti dalam studi itu menguji efek matcha pada tikus yang cemas. Menurut mereka, tikus yang cemas akan lebih banyak menghabiskan waktu berada di daerah aman.

matcha
Matcha mengaktifkan reseptor dopamin. (foto: pixabay/dungthuyvunguyen)

Hasilnya, tingkat kecemasan pada tikus yang mengonsumsi bubuk atau ekstrak matcha terlihat berkurang. Analisis farmakologis perilaku mengungkapkan hal itu terjadi karena ekstrak matcha mengaktifkan reseptor dopamin D1 dan serotonin 5-HT1A. "Meskipun penelitian epidemiologis lebih lanjut diperlukan, hasil penelitian kami menunjukkan matcha, yang telah digunakan sebagai obat selama bertahun-tahun, mungkin cukup bermanfaat bagi tubuh manusia," kata Kurauchi.

Meski berharap penelitian ini bisa bermanfaat untuk kesehatan masyarakat di seluruh dunia, para peneliti tidak menjelaskan seberapa porsi matcha yang tepat untuk menghilangkan kecemasan.(*)



Dwi Astarini

LAINNYA DARI MERAH PUTIH