Sedang Berada di Puncak Karir, Rapper Juice WRLD Malah ingin Berhenti Bermusik di Usia 23 Juice WRLD membahas tentang industri musik dunia. (Foto hypebeast.com)

IKUT andil dalam The Nicki WRLD Europe Tour bersama Nicki Minaj yang berakhir 11 Maret lalu, Juice WRLD semakin memperkuat fondasinya di industri musik dunia. Rapper yang memulai karirnya di platform musik SoundCloud ini menjadi semakin dikenal semenjak bergabung dengan Interscope Records dengan kontrak senilai lebih dari USD3 Juta pada Maret tahun lalu.

Empat bulan setelah bekerjasama dengan Intescope Records, karya penyanyi kelahiran Midwest ini berhasil menduduki Top 10 tangga lagu Billboard 200 dan Hot 100.

Perjalanan karirnya yang semakin menanjak juga dibuktikan dari kesuksesan album keduanya yang dirilis 8 Maret lalu, Death Race for Love yang berhasil menduduki Nomor 1 di Billboard 200 Album Chart selama dua minggu. Telah mencatat sederet sejarah dalam waktu yang singkat, mari kita simak pembahasan Juice WRLD tentang industri musik dunia saat ini.

1. Juice WRLD tidak memberikan nama atau genre atas musiknya

Sedang Berada di Puncak Karir, Rapper Juice WRLD Malah ingin Berhenti Bermusik di Usia 23
Juice WRLD menganggap karya musiknya tidak terbatas pada genre. (Foto: MTV UK)

Kebanyakan orang mengkategorikan musik Juice WRLD ke dalam genre emo hip-hop, namun Juice WRLD tidak berpikir demikian.

Pelantun Robbery ini mengatakan, bahwa dia tidak terlalu fokus untuk memberikan nama pada musiknya, karena dia berfikir tidak ada orang yang pernah menciptakan sesuatu seperti ini sebelumnya, ketika di wawancara oleh HYPEBEAST di London.

Juice WRLD mengatakan bahwa ia menggunakan musik sebagai alat untuk mengekspresikan dirinya. Dari segala pengalaman dan permasalahan hidup yang dilaluinya, Juice WRLD merasa bahwa ia bisa membicarakan itu lewat musik. "Aku hanya membuat apapun yang berasal dari hati," ungkapnya.

2. Opini Juice WLRD mengenai industri musik khususnya rap

Sedang Berada di Puncak Karir, Rapper Juice WRLD Malah ingin Berhenti Bermusik di Usia 23
Juice mengatakan bahwa banyak musisi berbakat tidak mendapatkan momen untuk bersinar. (Foto: echostage.com)

Tidak terhitung ada berapa banyak jumlah musisi berbakat di dunia, dan tidak semuanya berhasil eksis di belantara musik dunia yang kompetitif.

Hal itu juga disetujui oleh Juice WRLD, musisi yang memulai karirnya di paltform SoundCloud yang sedang naik daun terutama di kalangan generasi Z.

Juice WLRD mengatakan bahwa beberapa orang memiliki bakat yang sangat luarbiasa, namun mereka tidak mendapatkan kesempatan untuk bersinar.

Hal itu membuatnya bersyukur akan posisinya yang sekarang, yang terbukti telah menciptakan musik yang sesuai dengan permintaan musik generasi Z.

3. Memutuskan ingin berhenti musik sampai umur 23

Sedang Berada di Puncak Karir, Rapper Juice WRLD Malah ingin Berhenti Bermusik di Usia 23
Masih berusia 20 tahun, Juice WRLD telah merencakan karirnya kedepan. (Foto: pitchfork.com)

Rapper yang berhasil mendapatkan sertifikasi platinum pada album debutnya, Goodbye & Good Riddance membagikan teorinya mengenai korelasi bisnis musik dengan masalah usia.

Untuk sosok remaja berusia 20 tahun dengan kepopuleran dan prestasinya sejauh ini, Juice WRLD telah menjadi sosok remaja yang visioner dan bijaksana. Hal itu dibuktikan dari aspirasinya yang dilontarkan ketika menjadi bintang tamu pada Beats 1 yang diselenggarakan oleh Apple Music.

Juice mengatakan, terkadang umur tidak menjadi faktor penentu dalam industri musik, karena ketika seseorang memiliki talenta dan dunia menyukainya, maka dia tetap akan meraih kesuksesan.

Namun ketika seseorang telah mencapai umur 23, 24, 25 dan belum mendapatkan tempat yang signifikan, maka para musisi ini juga harus menyiapkan rencana cadangan untuk berjaga-jaga.

Pelantun Lucid Dream ini menyatakan bahwa ia akan membatasi karirnya dalam bermusik sampai umur 23 atau 24. Jika ia tidak merasakan adanya pelonjakan karir, maka ia akan mencoba untuk mencari bidang lain untuk menjaga kebutuhan finansialnya agar tetap stabil.


4. Berniat untuk kembali melanjutkan pendidikannya

Sedang Berada di Puncak Karir, Rapper Juice WRLD Malah ingin Berhenti Bermusik di Usia 23
Pernah putus sekolah, Juice WRLD memikirkan untuk melanjutkan pendidikannya. (Foto: complex.com)


Masih dalam pembahasan tentang karir bermusiknya, Juice WRLD mengatakan bahwa mungkin ia akan melanjutkan sekolahnya atau mencari pekerjaan di tempat yang berbeda, jika dalam dua atau tiga tahun kedepan tidak ada perkembangan karir yang signifikan.

Ia juga menambahkan, bahwa kita harus sadar jika sesuatu hal itu tidak ditakdirkan untuk kita. "Jika itu bukan untukmu, maka itu tidak akan terjadi," tambahnya. (shn)


Tags Artikel Ini

Ananda Dimas Prasetya

LAINNYA DARI MERAH PUTIH