Secara Enggak Sadar Libido Diredam oleh Kebiasaan Ini Hati-hati penurunan libido terjadi karena kebiasaan sehari-hari. (Foto: Mind the Science Gap)

TAK pernah disangka-sangka bila libido menurun dan ini tidak pernah disadari oleh semua orang. Bila pasangan ingin 'berkumpul', jawabannya kelelahan atau lagi enggak mood. Kalau sekali dua saja mungkin tidak menjadi masalah. Namun kalau terjadi berkali-kali hubungan kamu terancam bubar.

Penurunan libido bukan hanya masalah psikis atau fisik saja. Lebih dari itu kebiasaan orang yang kemudian tidak disadari malah menurunkan gairah berduaan. Banyak orang tak menyadari bahwa kebiasaan tersebut berdampak besar.

Kesannya remeh sekali seperti merapihkan tempat tidur, dianggap hanya masalah kebiasaan saja. Tapi kalau dibiarkan berantakan akan mempengaruhi gairah tersebut. Hal sekecil apapun bila dibiarkan akan menjadi permasalahan yang mengganjal.

Meskipun berhubungan fisik dan psikis, faktor ekternal turut memberikan pengaruh yang lumayan besar terhadap bangkitnya libido. Kenyamanan dan ketenangan menjadi modal dasar bagi pasangan untuk melakukan hubungan.

Tak mengherankan sebenarnya ketika pasangan yang tengah berduaan saja merasakan bahagia dan sehat. Penelitian yang dilakukan oleh University of California, Los Angeles (UCLA) dan dimuat dalam jurnal ilmiah Psychological Science, menyebutkan bahwa rasa sakit yang diderita seseorang akan berkurang ketika membayangkan atau melihat foto orang yang dicintai.

olahraga
Kebiasaan olahraga mampu membuat badan lebih sehat dan fit. (Foto: NBC)

Celakanya kemudian banyak orang yang justru menurunkan libido karena ulahnya sendiri. Laman iStyle menuliskan beberapa kebiasaan yang menurunkan gairah libido.


Melupakan Olahraga

Sangat pentying dan selalu dianjurkan untuk berolahraga. Bukan hanya untuk kesehatan dan kebugaran semata saja. Namun dampak yang diberikan setelah olahraga sangat besar. Termasuk lancarnya kardiovaskular di tubuh. Paling tidak berjalan kaki selama 30 menit sangat besar manfaatnya bagi tubuh. Bila tak pernah berolahraga sudah jelas tubuh tak memiliki stamina, tenaga dan gairah libido pun menurun.


Makanan Tidak Sehat

Kebiasaan buruk lainnya adalah mengonsumsi makanan tidak sehat. Celakanya makanan dan minuman tidak sehat banyak disajikan di lingkungan kita. Aneka makanan yang banyak mengandung gula sangat mudah ditemui, kemana saja kaki melangkah. Begitu juga dengan kebiasaan masyarakat perkotaan yang mengonsumsi alkohol dalam jumlah berlebihan, cenderung membuat gairah itu semakin menurun. Demikian pula dengan produk dairy, seperti susu dan keju ternyata membuat libido menurun.

kurang tidur
Istirahat dengan tidur dapat menjaga libido kamu. (Foto: Pixabay/Free-photos)


Kurang Tidur

Ini kebiasaan yang seolah biasa saja. Tidur kemudian disepelekan dan waktu itu digunakan untuk kegiatan lainnya. Padahal orang itu butuh istirahat berkualitas untuk mengembalikan staminanya. Akibatnya menurunkan semua performa yang harusnya mampu dibuat oleh tubuh. Waktu tidur yang cukup tidak hanya membuat badan lebih segar tetapi juga kuat di ranjang.

Rapihkan dan Bersihkan Kamar

Kedengarannya sepele sekali hanya merapihkan dan membersihkan kamar tidur, terutama tempat tidur. Suasana tempat tidur sangat mempengaruhi keinginan bercinta kamu. Bangunlah suasana kamar tidur yang mendukung dengan rajin mengganti sprei atau memasang lampu tidur. Pastikan kamar tidur juga selalu ‘sex ready’.


Komunikasi dengan Pasangan

Berkomunikasi dengan pasangan kadang terlupakan. Anggapannya dapat berbincang esok hari. Alasan letih dan lesu membuat komunikasi jarang dilakukan. Padahal saling bercerita hari itu dapat membuat jalinan cinta lebih rekat. Pasangan kamu juga butuh untuk didengarkan, butuh teman berbagi segala kegundahannya pada hari itu. Ini akan membuka komunikasi terbuka tentang seks yang lebih saling memahami. (*)

Kredit : paksi

Tags Artikel Ini

Paksi Suryo Raharjo

LAINNYA DARI MERAH PUTIH