Sebut PERJA Bisa Dilanggar, Jaksa Ini Bakal Diseret ke Ranah Hukum Haris Azhar. (ANTARA FOTO)

MerahPutih.com - Direktur eksekutif Lokataru Haris Azhar mengkritik keras pernyataan mantan penyidik Satgassus Tipikor Kejaksaan Agung, Gunawan Soemarsono yang menyebut Peraturan Jaksa Agung (Perja) Nomor 39 bisa dilanggar.

Haris menilai apa yang disampaikan oleh Gunawan memperlihatkan bahwa moralitas dan mental penegak hukum di Kejaksaan Agung sudah bobrok.

"Pernyataan jaksa satu ini bisa menyebabkan demoralisasi para jaksa di Indonesia. Ini menjadi bukti kepemimpinan Jaksa Agung Prasetyo gagal total. Masa ada anak buah yang berani dan siap melanggar aturan pimpinannya," kata Haris dalam keterangannya di Jakarta, Sabtu (15/12)

Haris Azhar
Direktur eksekutif Lokataru Haris Azhar. Foto: ANTARA/Widodo S. Jusuf

Tidak hanya melanggar aturan yang sudah ditetapkan sebagai tugasnya, kata Haris, Gunawan dianggap melakukan pelanggaran hukum. Sebab, PERJA pasti sudah menjadi lembaran Negara yang setara dengan Undang Undang.

Fatalnya, jaksa yang menjadi saksi sidang praperadilan Chuck Suryosumpeno ini termasuk menyebar hoax karena menyatakan walaupun melanggar PERJA diyakini tidak akan memberikan dampak apapun.

Dengan melanggar PERJA, lanjut Haris, para jaksa di Indonesia sudah tidak memiliki integritas, kredibilitas dan gagal mewujudkan birokrasi yang bersih, sekaligus mengkhianati doktrin kejaksaan Tri Krama Adhyaksa.

Koordinator Komisi untuk Orang Hilang dan Korban Tindak Kekerasan (KontraS) mendesak Presiden Joko Widodo untuk segera ambil tindakan dan memanggil Jaksa Agung.

"Pelanggaran dan menyebar hoax ini bisa merusak sistem penegakan hukum di Indonesia. Jika hukum sudah rusak, semua masyarakat pun bakal dengan mudah dijadikan korban kriminalisasi, seperti yang dialami Chuck Suryosumpeno," kata dia.

Haris Azhar. (ANTARA FOTO/Yudhi Mahatma/far)

Pernyataan Gunawan tersebut juga akan dilaporkan Haris Azhar ke sejumlah instansi. Sebab perbuatan jaksa yang saat ini bertugas sebagai Koordinator di Kejati Maluku, bukan pelanggaran ringan.

"Tunggu tanggal mainnya saja. Sudah kami siapkan laporan pernyataan hoax Gunawan yang berpotensi merusak moral kejaksaan ini. Gak cuma laporan ke kejaksaan saja," ujarnya. (Pon)


Tags Artikel Ini

Andika Pratama

LAINNYA DARI MERAH PUTIH