Sebut Ibu Kota Pindah ke Kaltim, Sofyan Djalil Tak Layak Jadi Anak Buah Jokowi Menteri Agraria dan Tata Ruang/Kepala BPN Sofyan Djali. Foto: ANTARA FOTO/Hafidz Mubarak A

MerahPutih.com - Menteri Agraria dan Tata Ruang Sofyan Djalil dan Presiden Joko Widodo berbeda pendapat tentang perpindahan ibu kota negara. Jika Sofyan 'memastikan' ibu kota ada di Kalimantan Timur, namun Jokowi buru-buru membantahnya.

Pengamat politik Wempy Hadir mengatakan, hal ini menunjukan bahwa ada komunikasi yang terputus antara Jokowi dan anak buahnya.

Baca Juga:

Ralat Pernyataan Sofyan, Presiden Jokowi Ungkap Lokasi Ibu Kota Baru Masih Dikaji

"Atau anak buah Jokowi sedang melakukan manuver politik ditengah pembentukan kabinet kerja jilid II," kata Wempy kepada MerahPutih.om di Jakarta, Jumat (23/8).

Pengamat politik Wempy Hadir

Direktur Indo Polling Network ini menambahkan, peristiwa itu menunjukan bahwa Sofyan tidak layak untuk masuk dalam kabinet kerja jilid II.

"Apa yang dilakukan oleh Sofyan bisa menimbulkan dampak negatif di masyarakat, misalnya adanya peningkatan harga tanah di wilayah Kalimantan Timur yang disebutkan oleh Sofyan. Padahal Jokowi belum mengumumkan secara detail dimana ibukota,"jelas Wempy.

Baca Juga:

Pindahkan Ibu Kota ke Kalimantan, DPR: Harusnya Pemerintah Fokus Berantas Kemiskinan

Selain itu apa yang disampaikan oleh Sofyan bisa menimbulkan kekecewaan publik. "Terutama nanti ibukota tidak jadi di Kalimantan Timur," imbuh Wempy.

Wempy berharap bahwa sebelum ada kepastian dimana lokasi yang pasti ibukota, jangan tergesa-gesa untuk disampaikan kepada publik. "Sebab bisa menimbulkan citra buruk pemerintah Jokowi di mata publik," jelas Wempy.

Pengumuman ibukota negara baru belum disampaikan oleh Jokowi selaku kepala negara. Dalam pidato kenegaraan, Jokowi hanya menyampaikan bahwa ibukota akan dipindahkan ke Kalimantan. Namun dia belum menyampaikan tepatnya dimana, sebab di Kalimantan sendiri terdapat lima propinsi.

Menteri Agraria dan Tata Ruang Sofyan Djalil

Akan tetapi Sofyan secara tiba-tiba menyampaikan bahwa ibukota baru di Kalimantan Timur. Apa yang disampaikan oleh Sofyan ternyata belum pasti. Jokowi menyampaikan bahwa penetapan ibukota masih dalam kajian. (Knu)

Baca Juga:

Ini Daerah di Pulau Jawa yang Kecipratan Untung dari Pemindahan Ibu Kota ke Kalimantan



Andika Pratama

LAINNYA DARI MERAH PUTIH