Selebritas
Sebuah Obituari Aminah Cendrakasih Sang Legenda Film Indonesia Paras yang cantik, manis dan berperawakan jangkung menjadi pendukung atas bakat akting Aminah Cendrakasih saat itu. (Foto: dok majalah minggu pagi)

BERITA duka datang dari aktris Aminah Cendrakasih. Ia telah meninggal dunia dalam usia 84 tahun. Akun Si Doel Anak Sekolahan mengonfirmasikan kabar itu pada Rabu (21/12) sekitar pukul 20.00 WIB.

"Innalillahi wainna ilaihi rojiun telah Wafat Mak Nyak (Aminah Cendrakasih) pukul 20.00. Semoga Almarhumah diterima seluruh amal ibadahnya Dan diberikan tempat terbaik disisi Allah SWT Aaminn YRA (alfatihah)," tulis akun tersebut.

Kiprah Aminah di dunia hiburan sudah mulai dari tahun 1950an. Saat itu Majalah Minggu Pagi dalam edisi No.43 (1956) memuat bahwa sosok seorang Aminah Cendrakasih seorang bintang jelita.

Baca Juga:

Obituari Robby Sugara

Aminah Cendrakasih yang mempunyai nama panggilan Mimin sudah aktif dalam dunia sandiwara di samping keaktifannya di film. Ia telah menyelesaikan sederet judul film yaitu Gambang Semarang, Rela, Ibu dan Putri (yang ke I) dan tengah menyelesaikan yang keduanya. Ia juga dikenal sebagai pemain sandiwara yang pernah beberapa kali muncul di atas panggung Gedung Kesenian Pasar Baru Jakarta bersama dengan bintang-bintang film kenamaan lainnya, seperti Dhalia, A. Hamid Arief, Wolly Sutinah, Salmah, Z. Abidin Jr, dan juga bersama dengan para pemain amatir lainnya.

Aminah berpesan Janganlah terlalu menganggap remeh pada sesuatu yang nampaknya kecil. (Foto: foto dok harian pelita)

Peran demi peran pun ia jajal, mulai dari sosok seorang mahasiswi hingga sebagai janda muda yang kemudian menjual diri hanya karena ingin hidup yang agak lumayan, dalam drama Di Langit Ada Bintang ciptaan Utuy Tatang Sontani yang dipertunjukkan oleh AIDA (Association of Indonesian Dramatic Arts) di bawah pimpinan regie Djapok Lampong.

Melihatnya di atas panggung maupun di layar film, Mimin merupakan seorang pemain yang punya bakat, kesungguhan, keyakinan pada diri sendiri, kemampuan dan daya cipta dalam bermain. Mimin yang dilahirkan di Magelang, Jawa Tengah pada tahun 1938 saat itu dinilai sudah cukup lumayan karena mengingat ia masih memiliki sifat kekanak-kanakannya yang masih belum dapat dihilangkan.

Paras yang cantik, manis dan berperawakan jangkung untuk usianya yang baru saja menginjak 17 tahun sudah sangat memikat. Kesungguhannya yang terlihat bahkan saat mengobrol akan dapat meyakinkan kita untuk lantas berkata "Dia memang benar-benar punya bakat dan kemauan keras untuk jadi seorang aktris besar yang terkenal."

Baca Juga:

Obituari Dwi Koendoro Empunya Panji Koming

Walau ia merupakan anak Wolly Sutinah atau Mak Wok, namun dirinya tidak malas dalam menimba ilmu dalam dunia akting. Ia buktikan dengan mengikuti kursus akting 'course acting' di Salemba bersama Teguh karya. Awalnya ia ingin masuk ATNI tapi tidak memenuhi persyaratan dari segi pendidikan.

Kariernya mulai menanjak. di film Gadis Tiga Zaman (1956), Mimin berperan sebagai perempuan cantik namun bersifat judes. Tak berhenti di situ, Mimin pun turut berperan dalam beberapa judul film, yaitu Serampang 12 (1956), Asrama Dara (1958), Habis Gelap Terbitlah Terang (1959) dan di tahun yang sama ia menikah dengan Idris Permana. Namun, sang suami meninggal lebih dulu pada 1986.

Bukan hanya di layar lebar, namanya di dunia layar kaca melambung setelah berperan sebagai ibu dari Doel dalam Sinetron Si Doel Anak Sekolahan. Sinetron yang disutradarai Rano Karno itu populer di era-90an dan merupakan salah satu serial legendaris seiring dengan perkembangan televisi swasta di Indonesia.

Panggilan Mimin pun berubah menjadi Mak Nyak karena terbawa dari sinetron itu dan kemudian lekat pada dirinya hingga sekarang. Di masa tuanya, Mak Nyak harus berjuang melawan penyakit glukoma yang dideritanya selama 13 tahun hingga menyebabkan kebutaan pada kedua matanya. Ia juga mengalami kesulitan ekonomi di masa tuanya.

Ia merupakan anak Wolly Sutinah atau Mak Wok yang merupakan aktris senior pada saat itu. (foto: dok majalah aneka)

Tapi, semangat Aminah Cendrakasih pada dunia akting yang sudah membesarkannya tak pudar begitu saja. Walau dalam keadaan sakit dan tak bisa membaca naskah, pada 2018, ia membuktikan diri masih bisa berakting dalam film Si Doel The Movie meski hanya dalam kondisi berbaring.

Sang legendaris dunia akting Indonesia Aminah Cendrakasih kini telah tiada. Namun usaha dan peluhnya dalam berkarya di dunia akting dapat kita jadikan semangat. Ia sosok yang tidak mudah menyerah. Seperti pesannya di tahun 1956 bahwa "Janganlah terlalu menganggap remeh pada sesuatu yang nampaknya kecil."

Terima kasih atas karya dan semangatnya. Selamat jalan Mak Nyak, kini beristirahatlah dengan tenang. (dgs)

Baca Juga:

5 Fitur Keamanan Telegram yang Wajib Kamu Ketahui

LAINNYA DARI MERAH PUTIH
Tanjung Priok Jadi Inspirasi Mahasiswa IKJ di MUFFEST+ 2023
Fashion
Tanjung Priok Jadi Inspirasi Mahasiswa IKJ di MUFFEST+ 2023

Koleksi busana muslim IKJ tak hanya dapat digunakan saat lebaran, tapi juga dapat digunakan untuk kegiatan sehari-hari.

Selama 11 Tahun Jarum Operasi Tertinggal di dalam Tubuh Seorang Perempuan
Fun
Selama 11 Tahun Jarum Operasi Tertinggal di dalam Tubuh Seorang Perempuan

Forero akhirnya dirujuk ke dokter spesialis di rumah sakit untuk menjalani MRI dan USG

Kisah di Balik Keindahan Tenun Garut
Tradisi
Kisah di Balik Keindahan Tenun Garut

Wastra tradisi dari Garut ini kalah populer ketimbang kain khas lain.

Cara Mulai Berbicara Tentang Kesehatan Mental pada Remaja
Fun
Cara Mulai Berbicara Tentang Kesehatan Mental pada Remaja

kuncitara COVID-19 telah dicabut dan remaja hidup "normal" lagi, bukan berarti masalah kesehatan mental mereka tiba-tiba teratasi.

Kebaya Janggan Menyeruak Berkat Serial Netflix 'Gadis Kretek’
ShowBiz
Kebaya Janggan Menyeruak Berkat Serial Netflix 'Gadis Kretek’

Kebaya janggan membungkus karakter Dasiyah yang sangat kuat dan mandiri.

‘Father Hunger’ dan Dampaknya pada Anak-anak
Fun
‘Father Hunger’ dan Dampaknya pada Anak-anak

memengaruhi aspek kehidupan anak kapanpun dan di segala rentang usia.

Isu Perceraian Bergulir, Hyun Bin dan Son Ye-jin Pertimbangkan Jalur Hukum
ShowBiz
Isu Perceraian Bergulir, Hyun Bin dan Son Ye-jin Pertimbangkan Jalur Hukum

Semua bermula ketika seorang YouTuber pekan lalu mengunggah video.

Tak Bikin Gerah, Ini Pakaian yang Cocok untuk Mudik
Fun
Tak Bikin Gerah, Ini Pakaian yang Cocok untuk Mudik

Pakaian ini berbobot ringan dan tidak menyerap panas.

AI Bantu Temukan Antibiotik Baru Pembasmi Superbug
Fun
AI Bantu Temukan Antibiotik Baru Pembasmi Superbug

AI membantu mempersempit ribuan bahan kimia potensial

Eddie Redmayne Bawa Kabar Buruk Tentang Fantastic Beasts
Fun
Eddie Redmayne Bawa Kabar Buruk Tentang Fantastic Beasts

Belum ada kepastian dari kelanjutan film Fantastic Beast.