Seberapa Penting RAM pada Ponsel?

Fadhli Fadhli - Senin, 02 Februari 2015
Seberapa Penting RAM pada Ponsel?
Memiliki RAM dengan kapasitas yang makin besar memungkinkan pengguna ponsel untuk melakukan lebih banyak kegiatan multi tasking. Sumber foto: pocketnow

MerahPutih Teknologi - Pernahkah anda mengalami saat dimana ponsel pintar anda mengalami hang, lag, atau gejala lemot lainnya? Jika iya, pasti anda pernah berkeluh kesah, ”katanya ponsel pintar, tapi kok lemot?” Hal ini pasti dialami banyak orang dan yang pasti bagi pengguna ponsel pintar dengan harga murah.

Baca Juga: Konyol, Facebook Down Kok Telepon Polisi

Perlu anda ketahui, kecepatan ponsel mengakses program, seberapa halus menjalankan sebuah aplikasi, atau pun melakukan multi tasking, erat kaitannya dengan Random Access Memory (RAM). Memiliki RAM dengan kapasitas yang makin besar memungkinkan pengguna ponsel untuk melakukan lebih banyak kegiatan multi tasking, gameplay yang halus, dan lain-lain.

Alasan utama mengapa RAM menjadi sangat penting adalah secara teknis semua program aplikasi harus masuk dulu ke dalam RAM sebelum diproses di dalam prosesor, jadi jika ponsel anda tidak memiliki RAM yang cukup untuk menjalankan sebuah atau mungkin beberapa aplikasi, tentu akan terjadi gejala kurang responsif (lag).

Belakangan ini, bergagam ponsel memiliki RAM dengan kapasitas setidaknya 2GB atau 3GB. Tentu sudah dapat lebih mendukung kegiatan mult tasking anda. Sebenarnya, beberapa aplikasi baru juga dapat menjadi faktor lemotnya ponsel anda. Jika anda memperbarui aplikasi anda sementara spesifikasi ponsel anda sudah tidak mendukung aplikasi tersebut, tentu saja ponsel anda akan sering mengalami lag.

Sistem operasi juga berperan dalam mengendalikan RAM. Microsoft sangat masuk akal ketika datang dengan fitur pengendali RAM, sehingga membuat kinerja RAM lebih ringan. Berbeda dengan Android dari Google yang aplikasi dan sistem operasinya cenderung terlalu banyak menggunakan RAM.

 

Berita Lainnya:

Inggris Akan Bebas Dari Situs Porno

Google Wireless Service Dapat Mencari Sinyal Terbaik

Tanggapan Facebook Mengenai Aksi Hack yang Menyerangnya

#IOS #Android #Apple #Google #Random Access Memory #Smartphone
Bagikan
Ditulis Oleh

Fadhli

Berkibarlah bendera negerku, tunjukanlah pada dunia.
Bagikan