Seberapa Lama Sih Sampah-Sampah Ini Bisa Terurai? TPST Bantar Gebang. (MP/Rizki Fitrianto)

BUNGKUS mi instan edisi khusus peringatan 55 tahun kemerdekaan Republik Indonesia mendadak viral di media sosial. Bungkus utuh namun pudar warna tersebut menjadi bahan perbincangan warganet lantaran tidak terurai meski telah berumur 19 tahun.

Mi instan tersebut menjadi konsumsi besar masyarakat Indonesia. Bahkan menjadi andalan bagi anak kost. Berdasarakan data World Instant Noodles Association (WINA), seturut dikutip databoks.katdata.co.id, konsumsi mi instan di Indonesia pada tahun 2016 mencapai 12,63 miliar bungkus atau sekira 12,6% dari jumlah konsumsi dunia.

Banyangkan beban bumi menanggung sampah bungkus plastik mi instan tersebut setiap tahun, sementara berkaca pada sampah viral mi instan tersebut sampai 19 tahun pun sama sekali belum terurai.

Penasaran enggak sih sebenarnya berapa lama sampah-sampah termasuk bungkus atau kantung plastik bisa terurai? Simak ulasannya seperti dikutip thebalancesmb.com berikut ini:

Sampah Plastik

Menurut perkiraan, setiap tahun sekira 1,6 juta barel minyak digunakan untuk memproduksi botol air plastik. Sampah plastik merupakan salah satu dari banyak jenis sampah dengan waktu urai cukup lama. Barang plastik biasanya memakan waktu hingga 1000 tahun agar bisa terurai. Namun, kantung plastik nan sehari-hari digunakan membawa belanjaan membutuhkan waktu 10-1000 tahun untuk terurai, sementara botol plastik dapat memakan waktu 450 tahun atau lebih.


Popok Sekali Pakai

Di Amerika Serikat, setiap tahun lebih dari 18 miliar popok sekali pakai dibuang. Popok sekali pakai ini membutuhkan waktu sekitar 250-500 tahun untuk terurai di tempat pembuangan sampah, sehingga banyak aktivis lingkungan mengampanyekan penggunaan popok daur ulang.


Kaleng Aluminium

Setiap menit, setiap hari, lebih dari 120.000 kaleng aluminium didaur ulang di Amerika. Pada saat bersamaan, setiap tiga bulan kaleng aluminium justru dibutuhkan Amerika untuk membangun armada udara komersial. Kaleng aluminium membutuhkan waktu 80-200 tahun untuk sepenuhnya terurai.

Kaca

Biasanya, kaca sangat mudah didaur ulang terutama karena kaca terbuat dari pasir. Cukup dengan memecahkan gelas dan melelehkannya, kita dapat menghasilkan gelas baru. Tetapi fakta mengejutkan, jika gelas dibuang di tempat pembuangan sampah, dibutuhkan jutaan tahun untuk terurai. Dan menurut beberapa sumber, bahkan tidak bisa terurai sama sekali.

Kredit : nugroho

Tags Artikel Ini

Yudi Anugrah Nugroho

LAINNYA DARI MERAH PUTIH