Seberapa Efektif Latihan 'Plank' untuk Kebugaran Tubuh? Alternatif dari latihan sit-up. (Foto: Pixabay/victorious_fit)

LATIHAN sit-up sering dianggap sebagai jenis olahraga perut yang paling umum dan efisien, ternyata gerakan olahraga tersebut bukanlah cara yang paling efektif untuk membangun otot dan membuat bentuk tubuh lebih ideal.

Selain itu, latihan yang mengembleng bagian inti dari tubuh secara efektif dapat meningkatkan stabilitas, mengurangi cedera, dan mempertahankan mobilitas. Namun jika kamu terus-menerus melakukan sit-up dengan harapan memiliki perut six-pack, sepertinya usaha keras kamu akan sia-sia.

Baca juga:

Berbahayakan Olahraga Malam? Ini Kata Dokter

Jadi, latihan apa yang harus kamu lakukan? Tidak ada salahnya mecoba latihan plank. Gerakan alternatif yang lebih efektif dari sit-up. Plank dapat membantu meningkatkan kekuatan dan stabilitas bagian inti tubuh. Melansir laman Healthline, berikut manfaat-manfaat yang perlu kamu tahu dari latihan plank.

Mengaktifkan lebih banyak otot

Seberapa Efektif Latihan 'Plank' untuk Kebugaran Tubuh?
Merupakan olaharaga yang efisien. (Foto: Pexels/Nathan Cowley)

Melakukan sit-up mungkin akan terasa sulit untuk bagian punggung kamu. Mendorong tulang belakang ke lantai bisa mengakibatkan sakit punggung bagian bawah nanti. Selain itu, plank tidak hanya bekerja pada bagian inti tubuh saja, namun juga bekerja pada seluruh bagian tubuh kamu.

Melakukan latihan plank hanya membutuhkan bagian lengan, kaki, dan semua otot perut kamu. Latihan tersebut mencakup semua dan dengan cara yang lebih efisien untuk berolahraga.

Membantu memperbaiki postur tubuh

Seberapa Efektif Latihan 'Plank' untuk Kebugaran Tubuh?
Mengembangkan kekuatan isometrik pada otot inti. (Foto: Pexels/Li Sun)

Ada kabar baik buat kamu sering mengalami sakit punggung karena duduk di kursi kantor sepanjang hari. Latihan plank dapat membantu memperbaiki postur tubuh kamu, lho!

Dengan memperkuat bagian punggung, dada, bahu, leher, dan perut lewat latihan plank, membuat kamu lebih mudah menjaga bahu dan punggung bagian bawah dalam posisi netral sambil duduk atau berdiri.

Latihan plank juga akan membantu mengembangkan kekuatan isometrik pada otot tubuh inti yang memberi kamu kekuatan untuk tidak membungkuk sambil berdiri atau duduk untuk waktu yang lama.

Baca juga:

Apakah Lansia Masih Perlu Olahraga?

Membantu meningkatkan fleksibilitas

Seberapa Efektif Latihan 'Plank' untuk Kebugaran Tubuh?
Memberikan kekuatan ganda. (Foto: Pexels/Elly Fairytale)

Latihan plank adalah salah satu cara yang baik untuk meregangkan tubuh bagian bawah kamu. Dengan posisi menahan dan meluruskan paha belakang serta melengkungkan kaki, menjadikan latihan ini bermanfaat memberikan kekuatan ganda dan melatih peregangan. Kamu dianjurkan untuk melakukan side plank jika ingin merenggangkan bagian samping tubuh.

Mudah dimodifikasi

Seberapa Efektif Latihan 'Plank' untuk Kebugaran Tubuh?
Dapat disesuaikan dengan tubuh. (Foto: pexels/bruce mars)

Sementara plank jenis standar adalah latihan olahraga yang bagus, dapat dimodifikasi dan ditambahkan menyesuai dengan kebutuhkan tubuh kamu.

Satu modifikasi yang bisa kamu lakukan adalah dengan meletakan lengan dalam posisi plank. Cara lain untuk memaksimalkan latihan adalah dengan meningkatkan durasi. Mulailah dengan menahan 15 hingga 30 detik, lalu tambahkan lagi waktunya secara bertahap.

Jadikan dua menit sebagai batas waktu maksimum. Jika kamu ingin meningkatkan kinerja atletik kamu, kamu dapat menahanan 10 detik berulang kali. (Lgi)

Baca juga:

Rekomendasi Olahraga yang Cocok untuk Orangtua dan Anak

Kredit : leonard

Tags Artikel Ini

Ananda Dimas Prasetya

LAINNYA DARI MERAH PUTIH