Seberapa Buruk Spotify Kamu? Kecerdasan Buatan ini Punya Jawabannya Kecerdasan buatan ini bisa memberi tahu seberapa musik selera musik seseorang. (Foto: Unsplash/sgcdesignco)

SETIAP akhir tahun, timeline media sosialmu pasti ramai dengan Spotify Wrapped. Isinya adalah rekapan lagu-lagu yang menemani sepanjang tahun, album yang paling sering didengar, berapa genre lagu yang kamu temukan sepanjang tahun, dan sebagainya. Secara tidak langsung, ringkasan tersebut dibagikan untuk memberi tahu dunia kualitas musikmu.

Jika biasanya Spotify membuatnya dengan pesan menggembiran dan mendukung, kini ada sebuah kecerdasan buatan yang justru memberikan respon sebaliknya. Alih-alih mendukung, 'Artificial Intelligence' ini justru akan mengejek selera musik kamu.

Baca Juga:

5 Girlband K-Pop dengan Stream Terbanyak di Spotify

musik
Kecerdasan buatan ini akan memberi tahu seberapa buruk playlist Spotify kamu. (Foto: The Pudding)

Publikasi digital The Pudding baru saja meluncurkan kecerdasan buatan untuk menilai seberapa buruk playlist Spotify kamu. "A.I. kami yang canggih akan menilai selera musikmu yang buruk," tulis mereka dalam keterangan artikelnya. Teknologi yang dilatih oleh Mike Lacher dan Matt Daniels ini punya satu tujuan: mengolok-olok lagu-lagu yang kamu dengarkan di Spotify.

Untuk mengaksesnya, kamu hanya perlu masuk ke situs The Pudding' di pudding.cool dan klik halaman How bad is your Spotify?. Kemudian pilih tombol 'find out' warna hitam yang ada di bagian tengah. Selanjutnya A.I. itu akan meminta izin untuk melihat akun Spotify. Setelah log in, bot akan melihat perilaku mendengarkan musik dan mengejek pengguna. Kamu akan dipandu melalui serangkaian pertanyaan yang bersifat merendahkan mengenai lagu-lagu yang sudah kamu dengar. Teknologi itu akan memberikan sejumlah pertanyaan, seperti "Apakah kamu benar-benar mendengarkan Esok Kan Masih Ada oleh Utha Likumahuwa?" atau Apakah kamu baik-baik saja?", setelah melihat kecenderungan kamu mendengarkan satu artis tertentu.

Baca Juga:

Cara Buat Playlist Spotify dengan Tampilan ala Struk Belanja yang Lagi Hits di Instagram

musik
Setelah menjawab sejumlah pertanyaan, A.I. itu akan memberitahukan seberapa buruk selera musik pengguna. (Foto: The Pudding)

Seusai sesi percakapan selesai, bot akan mengeluarkan serangkaian frasa untuk menggambarkan keburukan selera musik kamu. Misalnya seperti "Your Spotify was k-pop-for-breakfast-silent-generation-bad" yang diakibatkan karena banyak mendengarkan lagu Korea. Frasa ini akan berubah-ubah tergantung playlist setiap pengguna. Teknologi ini juga akan memberitahu lagu dan musisi yang paling banyak kamu dengar. Selain itu, A.I. juga akan memperlihatkan seberapa biasa selera musik kamu dan di era musik apa kamu terjebak.

Meski terkesan tepat, tampaknya bot itu tidak sepenuhnya dipersonalisasi. Sebab setelah The Pudding meluncurkan program tersebut, tagar #SpotifyAI langsung ramai di Twitter. Ternyata banyak orang yang mendapatkan jenis permintaan dan jawaban yang sama meskipun artis maupun lagunya berbeda.

Meskipun begitu, banyak pengguna yang tetap membagikan hasil ejekan kecerdasan buatan itu. Beberapa bahkan membuat meme setelah selera musiknya dihina. Sebab memang menyenangkan membicarakan musik, namun lebih menyenangkan ketika memiliki alasan untuk membelanya ketika direndahkan. (Sam)

LAINNYA DARI MERAH PUTIH
Lewat Video Game, Balenciaga Pamerkan Koleksi Terbaru
Fashion
Lewat Video Game, Balenciaga Pamerkan Koleksi Terbaru

Cara unik Balenciaga untuk tetap bertahan di masa pandemi.

Pertama Kalinya, Ada Acara LEGO CON Virtual
Fun
Pertama Kalinya, Ada Acara LEGO CON Virtual

Kesempatan lebih dekat dengan dunia Lego.

Bersama Rachel Venya, Gusdurian Peduli Sumbangkan 2 Ambulance Laut Untuk Masyarakat Kepulauan Indonesia
Fun
Makna Kemerdekaan Indonesia di Mata Sandiaga Uno
Hiburan & Gaya Hidup
Makna Kemerdekaan Indonesia di Mata Sandiaga Uno

Menang lawan COVID-19, together we can do it.

Ketika Kata Pengantar Skripsi Jadi Tempat Minta Maaf
Fun
Ketika Kata Pengantar Skripsi Jadi Tempat Minta Maaf

Menyebutkan nama orang tua sampai mantan pacar.

Kiat Menjaga Ketajaman Otak dari Para Centenarian
Fun
Kiat Menjaga Ketajaman Otak dari Para Centenarian

Para peneliti merekrut 330 centenarian yang dipastikan memiliki otak tajam.

Persiapkan Kebutuhan Pokok Ini Sebelum PPKM Darurat
Fun
Persiapkan Kebutuhan Pokok Ini Sebelum PPKM Darurat

Lebih baik stok kebutuhan ini daripada sering keluar rumah membelinya.

Bukan Digoreng, Nih Resep Masak Kentang Biar Lebih Sehat
Fun
Catat Nih! Film-Film Wajib Tonton di April
ShowBiz
Catat Nih! Film-Film Wajib Tonton di April

Lima film pilihan ini bisa kamu tonton di Netflix dan Amazon Prime.

4 Astronot AS Gunakan Hak Suaranya dari Angkasa Luar
Fun
4 Astronot AS Gunakan Hak Suaranya dari Angkasa Luar

Tetap menggunakan hak suaranya meski tengah menjalankan tugas ke angkasa luar.