Seberapa Buruk Spotify Kamu? Kecerdasan Buatan ini Punya Jawabannya Kecerdasan buatan ini bisa memberi tahu seberapa musik selera musik seseorang. (Foto: Unsplash/sgcdesignco)

SETIAP akhir tahun, timeline media sosialmu pasti ramai dengan Spotify Wrapped. Isinya adalah rekapan lagu-lagu yang menemani sepanjang tahun, album yang paling sering didengar, berapa genre lagu yang kamu temukan sepanjang tahun, dan sebagainya. Secara tidak langsung, ringkasan tersebut dibagikan untuk memberi tahu dunia kualitas musikmu.

Jika biasanya Spotify membuatnya dengan pesan menggembiran dan mendukung, kini ada sebuah kecerdasan buatan yang justru memberikan respon sebaliknya. Alih-alih mendukung, 'Artificial Intelligence' ini justru akan mengejek selera musik kamu.

Baca Juga:

5 Girlband K-Pop dengan Stream Terbanyak di Spotify

musik
Kecerdasan buatan ini akan memberi tahu seberapa buruk playlist Spotify kamu. (Foto: The Pudding)

Publikasi digital The Pudding baru saja meluncurkan kecerdasan buatan untuk menilai seberapa buruk playlist Spotify kamu. "A.I. kami yang canggih akan menilai selera musikmu yang buruk," tulis mereka dalam keterangan artikelnya. Teknologi yang dilatih oleh Mike Lacher dan Matt Daniels ini punya satu tujuan: mengolok-olok lagu-lagu yang kamu dengarkan di Spotify.

Untuk mengaksesnya, kamu hanya perlu masuk ke situs The Pudding' di pudding.cool dan klik halaman How bad is your Spotify?. Kemudian pilih tombol 'find out' warna hitam yang ada di bagian tengah. Selanjutnya A.I. itu akan meminta izin untuk melihat akun Spotify. Setelah log in, bot akan melihat perilaku mendengarkan musik dan mengejek pengguna. Kamu akan dipandu melalui serangkaian pertanyaan yang bersifat merendahkan mengenai lagu-lagu yang sudah kamu dengar. Teknologi itu akan memberikan sejumlah pertanyaan, seperti "Apakah kamu benar-benar mendengarkan Esok Kan Masih Ada oleh Utha Likumahuwa?" atau Apakah kamu baik-baik saja?", setelah melihat kecenderungan kamu mendengarkan satu artis tertentu.

Baca Juga:

Cara Buat Playlist Spotify dengan Tampilan ala Struk Belanja yang Lagi Hits di Instagram

musik
Setelah menjawab sejumlah pertanyaan, A.I. itu akan memberitahukan seberapa buruk selera musik pengguna. (Foto: The Pudding)

Seusai sesi percakapan selesai, bot akan mengeluarkan serangkaian frasa untuk menggambarkan keburukan selera musik kamu. Misalnya seperti "Your Spotify was k-pop-for-breakfast-silent-generation-bad" yang diakibatkan karena banyak mendengarkan lagu Korea. Frasa ini akan berubah-ubah tergantung playlist setiap pengguna. Teknologi ini juga akan memberitahu lagu dan musisi yang paling banyak kamu dengar. Selain itu, A.I. juga akan memperlihatkan seberapa biasa selera musik kamu dan di era musik apa kamu terjebak.

Meski terkesan tepat, tampaknya bot itu tidak sepenuhnya dipersonalisasi. Sebab setelah The Pudding meluncurkan program tersebut, tagar #SpotifyAI langsung ramai di Twitter. Ternyata banyak orang yang mendapatkan jenis permintaan dan jawaban yang sama meskipun artis maupun lagunya berbeda.

Meskipun begitu, banyak pengguna yang tetap membagikan hasil ejekan kecerdasan buatan itu. Beberapa bahkan membuat meme setelah selera musiknya dihina. Sebab memang menyenangkan membicarakan musik, namun lebih menyenangkan ketika memiliki alasan untuk membelanya ketika direndahkan. (Sam)

LAINNYA DARI MERAH PUTIH
88RISING RADIO, Radio Musik Asia Pertama Berkolaborasi dengan SiriusXM
ShowBiz
88RISING RADIO, Radio Musik Asia Pertama Berkolaborasi dengan SiriusXM

88RISING Radio akan mengudara 24 jam per hari, tujuh hari seminggu, dan tanpa satu pun iklan.

Teknologi Baru digunakan Indonesia untuk Lawan COVID-19
Fun
Teknologi Baru digunakan Indonesia untuk Lawan COVID-19

Perusahaan manufaktur memberikan bantuan bagi pasien COVID-19 dan petugas medis.

Keuntungan #DiRumahAja Sembari 'Work From Home'
Fun
Keuntungan #DiRumahAja Sembari 'Work From Home'

Ada beberapa hal yang mungkin membuatmu terkejut ketika kamu dapat menerapkan work from home dengan lebih baik

Dengan Dosis Tepat, Dapatkan Seluruh Manfaat Vitamin E
Fun
Dengan Dosis Tepat, Dapatkan Seluruh Manfaat Vitamin E

Vitamin E memiliki segudang manfaat untuk kesehatanmu.

Buat Droid Kreasi Kamu Sendiri dengan Aplikasi 'Star Wars' Baru Disney
Fun
Buat Droid Kreasi Kamu Sendiri dengan Aplikasi 'Star Wars' Baru Disney

Membuat droid digital atau sambungkan aplikasi dengan droid yang dibuat di Star Wars: Galaxy's Edge.

Kisah Unik di Balik Single 'SIGN' Cantika Abigail
ShowBiz
Kisah Unik di Balik Single 'SIGN' Cantika Abigail

Ada sebuah kisah unik di balik single terbaru dari Cantika Abigail

Informasi Samsung Galaxy Watch 3 Bocor ke Publik, ini yang Perlu Kamu Tahu
Fun
Ponsel realme X3 SuperZoom Siap Diluncurkan, Intip Spesifikasinya
Fun
Jisoo BLACKPINK Masuk Daftar 100 Wanita Tercantik di Dunia, Blink Justru Murka
ShowBiz
Jisoo BLACKPINK Masuk Daftar 100 Wanita Tercantik di Dunia, Blink Justru Murka

Alih-alih meminta maaf, mereka justru menyebutkan deskripsi itu merupakan candaan yang pernah diungkapakan sendiri oleh Jisoo.

Artworknya Unik, Kuy Cobain 4 Video Games Indie Ini
Fun