Sebentar Lagi Kartu SIM Bisa Menjadi Masa Lalu

Muchammad YaniMuchammad Yani - Jumat, 21 Januari 2022
Sebentar Lagi Kartu SIM Bisa Menjadi Masa Lalu
Kartu SIM adalah sirkuit terpadu yang menyimpan identitas konektivitas seluler pribadi. (Foto: Unsplash/Brett Jordan)

VODAFONE dan perusahaan lain telah berhasil menguji teknologi smartphone baru yang dapat menggantikan kartu SIM. Kartu SIM memang sudah banyak digunakan dan sudah populer bagi pengguna smartphone. Bahkan saat ini, banyak orang yang berjuang untuk mendapatkan kartu SIM yang berukuran kecil yang dimasukkan kedalam smartphone nya. Kartu SIM atau kartu modul identifikasi pelanggan adalah sirkuit terpadu yang menyimpan identitas konektivitas seluler pribadi.

Menurut laman Tech Radar, kembalinya perangkat yang dapat dilipat hingga menghasilkan kamera terbaik, membuat produsen ponsel terus berinovasi untuk memberikan pengalaman terbaru dan terbaik kepada pengguna. Untuk beberapa alasan, diantara semua inovasi tersebut kartu SIM tetap menjadi standar alias tidak praktis. Kartu SIM sebagai salah satu sistem yang tidak kuat, karena cenderung gagal dalam berbagai situasi.

Baca juga:

Meningkatnya Penggunaan Data Internet di Masa Pandemi

iSIM adalah teknologi SIM yang terintegrasi ke dalam ponsel. (Foto: Youtube 3G4G)
iSIM adalah teknologi SIM yang terintegrasi ke dalam ponsel. (Foto: Youtube 3G4G)

Vodafone, Qualcomm Technologies dan Thales telah mengatakan bahwa mereka telah berhasil menerapkan dan menguji teknologi baru yang mengintegrasikan kartu SIM ke dalam ponsel. Perusahaan juga mengatakan bahwa pengguna memiliki kendali penuh atas sistem baru tersebut. Selain itu, produsen ponsel juga dapat mengambil manfaat dari inovasi ini karena ada ruang kosong pada ponsel. Ruang tersebut dapat digunakan untuk menambah kapasitas baterai, membuat ponsel lebih ringan atau memasukkan teknologi baru ke dalam ponsel.

Baca juga:

Kupas Tuntas Alasan Tidak Boleh Mengisi Daya Baterai Ponsel Semalaman

Teknologi yang sedang diuji Vodafone bukanlah hal yang baru, karena sudah sering terdengar yaitu iSIM. Namun, baru sekarang perusahaan mengujinya secara publik untuk mengetahui nilainya. iSIM adalah teknologi SIM yang terintegrasi ke dalam ponsel. Oleh karena itu, pengguna yang menggunakan lebih dari satu kartu SIM dapat dengan cepat melihat manfaat dari teknologi ini. Perusahaan juga mengatakan bahwa sampah plastik yang di hasilkan oleh kartu SIM tidak dapat diterima. Selain itu, pengujian tersebut membuktikan bahwa iSIM mengungguli sistem integrasi SIM standar, memiliki kinerja yang lebih tinggi dan meningkatkan kemampuan memori.

iSIM mengungguli sistem integrasi SIM standar. (Foto: Unsplash/Andrey Metelev)
iSIM mengungguli sistem integrasi SIM standar. (Foto: Unsplash/Andrey Metelev)

Perusahaan mengharapkan teknologi baru ini akan segera diperkenalkan dibanyak perangkat baru. iSIM adalah fitur yang bagus di masa depan. Lalu produsen tidak hanya dapat mengintegrasikan ponsel, tetapi juga laptop, tablet, platform realitas virtual, perangkat IoT, wearable dan masih banyak lagi. Tes iSIM Vodafone telah dilakukan di Eropa, salah satu wilayah dengan penetrasi smartphone tertinggi di dunia.

Hasil penelitian menunjukkan bahwa teknologi siap untuk komersialisasi dan bekerja secara efisien. Pengujian tersebut menggunakan jaringan Vodafone berbasis Samsung Galaxy Z Flip 3 5G dengan platform seluler Snapdragon 888 5G. “Tujuan kami adalah menciptakan dunia di mana semua perangkat terhubung dengan mulus dan mudah dan pelanggan memiliki kendali penuh,” kata Alex Froment Curtil selaku Chief Commercial Officer Vodafone. (frs)

Baca juga:

Adu Cepat Internet Negara ASEAN, Indonesia Peringkat Berapa?

#Teknologi
Bagikan
Ditulis Oleh

Muchammad Yani

Lebih baik keliling Indonesia daripada keliling hati kamu
Bagikan