Sebelum Turunkan Level PPKM, Pemda Wajib Perbaiki Indikator Penanganan COVID-19 Penyekatan PPKM Darurat di Jakarta. (Foto: Kanugrahan)

MerahPutih.com - Satuan Tugas COVID-19 memastikan, perkembangan fluktuatif COVID-19, di 7 provinsi Jawa - Bali yang menerapkan Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PPKM) Darurat, menjadi acuan dalam dasar penilaian kesiapan kepada pemerintah daerah (Pemda) untuk masuk ke tahap relaksasi dari kebijakan pengetatan.

Juru Bicara Satgas Penanganan Covid-19 Prof Wiku Adisasmito menyebut, ada beberapa pertimbangan untuk melihat kesiapannya. Hal ini dilihat dari cakupan perkembangan penanganan kasus positif, kesembuhan, kematian serta keterisian tempat tidur atau bed of ratio (BOR) harian. Selain itu perlu diperhatikan jumlah desa/kelurahan yang tidak patuh protokol kesehatan dan cakupan posko yang melaporkan kinerja.

"Apabila seluruh indikator tersebut dapat segera diperbaiki, bukan tidak mungkin masing-masing wilayah melakukan pembukaan kembali secara bertahap tanpa berdampak pada peningkatan kasus yang signifikan," Wiku dalam Keterangan Pers Perkembangan Penanganan COVID-19 di Graha BNPB, Kamis (22/7).

Baca Juga:

PPKM Diperpanjang, DPR Minta Kejelasan Jaminan dan Kompensasi bagi Rakyat

Ia menegaskan, perkembangan kasus positif pada 7 provinsi tersebut dalam 7 hari terakhir (15 - 21 Juli 2021), Pada perkembangan kasus positif, tren penurunan pada hampir seluruh provinsi. Kecuali provinsi Bali yang kasus positifnya masih meningkat hingga 3 hari terakhir ini.

Sejalan dengan itu, perkembangan kesembuhan pada 5 dari 7 provinsi trennya meningkat. Kecuali, DKI Jakarta dan DI Yogyakarta. Keduanya menunjukkan tren penurunan. Disamping itu, tren angka kematian perlu diperbaiki. Karena hampir seluruh provinsi menunjukkan tren peningkatan kecuali DKI Jakarta.

Khusus DKI Jakarta, pada 21 Juli 2021 menunjukkan penurunan yang signifikan, dari 268 kematian per hari menjadi 95 kematian per hari.

Sementara untuk perkembangan BOR harian, hampir seluruh provinsi telah menunjukkan penurunan kecuali Bali yang masih meningkat dalam 7 hari terakhir. Untuk Bali, selain BOR kasus positif juga perlu menjadi perhatian untuk segera di perbaiki.

Lalu, kepatuhan protokol kesehatan serta cakupan kinerja posko menjadi modal penting daerah dalam kesiapan daerah menghadapi pembukaan bertahap. Saat ini, kepatuhan memakai masker di tingkat desa/kelurahan sudah cukup baik dibuktikan persentasenya di bawah 30 persen pada 7 provinsi tersebut.

Wiku mengakui, ada kendala terjadi pada kepatuhan menjaga jarak di banyak desa/kelurahan pada 3 provinsi yakni DKI Jakarta, Banten dan Jawa Tengah. Dari 3 provinsi ini, lebih dari 30 persen desa/kelurahan tidak patuh.

Selain itu, cakupan laporan kinerja posko menunjukkan sebagian besar provinsi dengan persentase kurang dari 50 persen melaporkan kinerja. Terdapat di Jawa Tengah, Jawa Barat dan Banten. Sebaliknya, apresiasi diberikan pada DKI Jakarta, DI Yogyakarta dan Bali dengan pelaporan kinerja poskonya lebih dari 50 persen di daerahnya masing-masing.

Satgas meminta kepada pemerintah daerah untuk segera memperbaiki indikator penanganan sebelum dilakukannya relaksasi. Kepada Pemda DKI Jakarta untuk meningkatkan angka kesembuhan dan meningkatkan desa/kelurahan di wilayah untuk patuh menjaga jarak.

Sedangkan Pemda Jawa Tengah dan Banten, diminta untuk menurunkan angka kematian, meminta desa/kelurahan di wilayahnya untuk patuh menjaga jarak serta meningkatkan pelaporan kinerja posko pada posko-posko yang sudah terbentuk. Kepada Pemda Jateng dan Jatim untuk menurunkan angka kematian serta meningkatkan pelaporan kinerja posko-posko yang sudah terbentuk.

Perawatan pasien COVID-19. (Foto: Antara)
Perawatan pasien COVID-19. (Foto: Antara)

Lalu, kepada pemerintah DI Yogyakarta untuk meningkatkan angka kesembuhan dan menurunkan angka kematian. Serta pemerintah Bali untuk menurunkan angka kasus positif, kematian dan BOR isolasi. "Adapun angka kesembuhan dapat ditingkatkan dan secara bersamaan menurunkan angka kematian dengan cara, agar sedini mungkin pasien COVID-19 ditangani dan meningkatkan pelayanan rumah sakit," lanjut Wiku.

Penelusuran kontak juga penting dilakukan agar kasus cepat terdeteksi dan mendapatkan penanganan. Penurunan kasus positif, BOR serta kepatuhan desa/kelurahan dapat diupayakan dengan meningkatkan pengawasan dan menindak tegas para pelanggar protokol kesehatan di tingkat desa/kelurahan. "Dengan upaya pencegahan maka penularan di tengah masyarakat dapat dikendalikan dan kasus dapat ditekan," tambahnya.

Terakhir, pada pelaporan kinerja posko dapat ditingkatkan dengan memastikan pembentukan posko di tiap desa dan kelurahan. Dan fungsi-fungsinya harus dilaksanakan dengan baik oleh seluruh unsur yang terlibat.

"Pelaporan kinerja posko juga penting untuk melihat apakah pengendalian COVID-19 tingkat RT dan RW sudah diimplementasikan dengan baik atau masih butuh diperbaiki," katanya. (Knu)

Baca Juga:

PPKM Level 4, Kerugian Ditaksir Mencapai Rp 3 Miliar Per Hotel

Kanal
LAINNYA DARI MERAH PUTIH
Ditembak Mati, 6 Laskar FPI Ditetapkan Jadi Tersangka Kasus Penyerangan
Indonesia
Ditembak Mati, 6 Laskar FPI Ditetapkan Jadi Tersangka Kasus Penyerangan

Direktorat Tindak Pidana Umum Bareskrim Polri menetapkan enam anggota laskar Front Pembela Islam (FPI) yang tewas tertembak di tol Jakarta-Cikampek KM 50, Karawang, Jawa Barat, sebagai tersangka.

Warga Tiga Wilayah Jakarta Diminta Waspada, Empat Jam ke Depan Air Sampai di Pintu Air Pulogadung
Indonesia
Warga Tiga Wilayah Jakarta Diminta Waspada, Empat Jam ke Depan Air Sampai di Pintu Air Pulogadung

Peringatan dini tersebut disampaikan BPBD DKI Jakarta menyusul kondisi permukaan air di Pos Pantau Sunter Hulu berstatus siaga 2

 Ruas Jalan yang Ditutup di Surabaya Bertambah
Indonesia
Ruas Jalan yang Ditutup di Surabaya Bertambah

Ketiga ruas jalan tersebut sebelumnya telah dilakukan penutupan

Mabes Polri Turunkan Tim Terkait Pengusutan Donasi Bodong Rp 2 Triliun
Indonesia
Mabes Polri Turunkan Tim Terkait Pengusutan Donasi Bodong Rp 2 Triliun

Kasusnya bagaimana dan itu ranah daripada klarifikasi internal

Sekolah Tatap Muka di Bandung Digelar setelah Seluruh Guru dan Murid  Divaksin
Indonesia
Sekolah Tatap Muka di Bandung Digelar setelah Seluruh Guru dan Murid Divaksin

"Saya lihat (PTM) ini bisa memungkinkan. Kita lakukan bertahap (setelah vaksinasi covid-19)," katanya.

[Hoaks atau Fakta]: Ketum PBNU Anak Aktivis PKI
Lainnya
[Hoaks atau Fakta]: Ketum PBNU Anak Aktivis PKI

Ayahhanda Kyai Aqil mewarisi darah ulama, dari pesantren Gedongan, Cirebon. la merupakan putra dari Kyai Siradj, yang masih keturunan dari Kyai Muhammad Said Gedongan, Cirebon.

81 Juta Orang Akan Pulang ke Kampung Halaman Jika Mudik Tak Dilarang
Indonesia
81 Juta Orang Akan Pulang ke Kampung Halaman Jika Mudik Tak Dilarang

Larangan mudik Lebaran 2021 berlangsung selama 12 hari

Banjir Sorong Rendam Ratusan Rumah hingga Kantor Wali Kota
Indonesia
Banjir Sorong Rendam Ratusan Rumah hingga Kantor Wali Kota

Banjir merendam ratusan rumah dan sejumlah ruas jalan di Kota Sorong, Provinsi Papua Barat.

[HOAKS Atau FAKTA]: Elektabilitas Anies Melorot Gegara Terapkan PSBB Ketat
Indonesia
[HOAKS Atau FAKTA]: Elektabilitas Anies Melorot Gegara Terapkan PSBB Ketat

Dalam unggahan foto itu, Anies Baswedan tengan melakukan konferensi pers

Sepekan Operasi Lilin, 36 Warga Reaktif COVID-19
Indonesia
Sepekan Operasi Lilin, 36 Warga Reaktif COVID-19

Operasi Lilin Jaya 2020 dilangsungkan selama 15 hari hingga 4 Januari 2021. Polda Metro Jaya menerjunkan sebanyak 8.179 personel.