Travel

Sebelum Traveling Ke Luar Negeri, Yuk Intip Tips Cerdas Dalam Menukar Uang

Raden Yusuf NayamenggalaRaden Yusuf Nayamenggala - Selasa, 27 Agustus 2019
Sebelum Traveling Ke Luar Negeri, Yuk Intip Tips Cerdas Dalam Menukar Uang
Jangan asal menukarkan uang, simak dulu tips cerdas berikut ini(foto: pixabay/maklay62)

PERGI berlibur ke luar negeri merupakan suatu kegiatan yang sangat menyenangkan. Apalagi, banyak destinasi wisata menarik yang ada diluar negeri.

Tapi sebelum kamu berangkat ke luar negeri, banyak hal yang harus dipersiapkan, termasuk tiket pesawat, visa, dan paspor. Namun tak hanya itu, ada hal yang sangat penting lainnya, yaitu menukar uang ke mata uang negara tujuan.

Baca Juga:

Nama di KTP dan Tiket Pesawat Berbeda? Ini Langkah yang Harus Dilakukan

Untuk melakukan penukaran uang sendiri, bisa dilakukan lewat money changer, bank, bandara atau ketika mengambil uang di ATM negara tujuan. Dengan menukarkan uang ke negara tujuan, tentu akan mempermudah perjalanan kamu, dengan begitu, bepergian pun terasa lebih aman dan nyaman.

Tapi, meski demikian, menukarkan rupiah ke mata uang asing tak boleh asal-asalan, apalagi dalam jumlah besar. Pastikan kamu mendapat nilai tukar terbaik, hingga tak akan membuatmu rugi. Nah, seperti yang dilansir dari laman airpaz, berikut ini beberapa tips menukar uang saat liburan yang perlu kamu perhatikan.

1. Perhatikan Jumlah Uang yang Akan Dibawa

Jangan bawa uang berlebihan atau pas-pasan (foto: pixabay/geralt)

Sebelum kamu pergi traveling ke luar negeri, pastikan untuk membawa uang dalam jumlah yang cukup. Tapi bukan berati kamu harus membawa uang dalam jumlah yang berlebihan, namun juga jangan terlalu pas-pasan.

Untuk itu, sebaiknya perhitungkan semua kebutuhan dari mulai makan, akomodasi, transportasi, belanja dan beberapa hal lainnya yang kamu anggap penting.

2. Tukarkan Uang di Tempat yang Tepat

Pilih tempat yang tepat untuk menukar uang, seperti money changer resmi (Foto: pixabay/capri23auto)

Usai mengetahui kisaran jumlah uang yang akan dibawa traveling ke luar negeri. Kamu bisa mencari info soal tempat terbaik untuk menukar uang.

Hindarilah menukar uang ditempat dengan nilai tukar lebih rendah, seperti bandara atau bahkan bank. Pilihlah money changer resmi dan terpercaya, untuk menukarkan uang ke mata uang negara tujuan. Karena money changer merupakan tempat terbaik untuk mendapat nilai tukar paling tinggi.


3. Perhatikan Waktu Penukaran

Jangan lupa perhatikan waktu penukaran uang (Foto: pixabay/capri23auto)

Saat kamu ingin menukarkan rupiah ke mata uang asing, sebaiknya kamu tak melakukannya secara terburu-buru atau dadakan. Sebaiknya lakukan penukaran satu minggu sebelum keberangkatan. Karena hal itu bisa meminimalisir kerugian yang mungkin kamu dapatkan.

Apabila jadwal liburmu bersamaan dengan musim liburan, maka biasanya nilai kurs pun akan meningkat saat liburan tiba. Waktu tersebut lah yang sangat tepat untuk melakukan penukaran lantaran nilai kurs masih stabil. Kamu bias melakukannya di awal minggu, karena saat itu pasar uang baru dibuka dan kurs biasanya akan lebih stabil.

Selain beberapa tips penukaran uang sebelum liburan tersebut, kamu sebaiknya memilih menukarkan mata uang saat masih berada di dalam negeri. Karena kamu memiliki peluang lebih besar menemukan money changer yang tepat, termasuk mendapat kemudahan dalam menemukan informasi nilai tukar terbaik.

Apabila kebetulan mata uang yang kamu inginkan tak tersedia, kamu bisa menukarnya menjadi dollar Amerika yang merupakan salah satu mata uang yang bisa dengan mudah ditukar di berbagai negara.

Jadi saat kamu tiba di negara tujuan traveling, kamu bisa mencari moeny changer ataupun bandara untuk menukarkan dollar itu ke mata uang negara yang kamu kunjungi.

Singkatnya, menukarkan uang memang bukan pekerjaan sulit, tapi juga butuh kehati-hatian agar kamu tak merasa dirugikan, khususnya akibat selisih nilai tukar yang tinggi. (ryn)

Baca Juga:

Yuk Intip Cara Perpanjangan Paspor Terbaru 2019

#Traveling #Tips Traveling #Money Changer
Bagikan
Ditulis Oleh

Raden Yusuf Nayamenggala

I'm not perfect but special
Bagikan