Sebelum Terkenal, Para Artis Ini Hanyalah Buruh Bangunan Aziz Gagap (Sumber: Instagram/ajis_gagap22)

ARTIS memang identik dengan hidup glamor dan bergelimangan harta. Jika menginginkan sesuatu mereka tidak. Bagimana tidak, sekali tampil mereka bisa meraup jutaan hingga ratusan juta, tergantung seberapa tenar mereka. Misalnya Raffi Ahmad yang kabarnya mendapat honor Rp150 juta setiap penampilannya.

Meski begitu usaha mereka hingga seperti sekarang tidaklah mudah. Bahkan sebelum terkenal ada selebritis yang harus mencari nafkah sebagai buruh bangunan. Nah, menyambut May Day atau Hari Buruh (1/5), berikut ini empat selebritis yang dulunya berprofesi sebagai buruh bangunan.

1. Tukul Arwana

Video Tukul Arwana kena razia. (Youtube: Polres Probolinggo)
Video Tukul Arwana kena razia. (Youtube: Polres Probolinggo)

Pria kelahiran Purwosari, Semarang, 16 Oktober 1963 ini merupakan seorang komedian ternama Indonesia. Tukul masuk ke dunia entertainment setelah diajak dalam produksi Lenong Rumpi. Namanya semakin melejit saat ia membawakan acara talk show di Trans7.

Meski kini Tukul dinobatkan sebagai salah satu artis terkaya di Indonesia, kehidupannya dulu tak semudah sekarang. Dulu ia harus bekerja sebagai sopir angkutan umum hingga menjadi buruh bangunan. Bahkan Tukul sempat menjadi gelandangan karena tak memiliki uang untuk bayar kontrakan.

2. Opie Kumis

Opie Kumis di salah satu acara TV (Sumber: Instagram/opiekumis17)
Opie Kumis di salah satu acara TV (Sumber: Instagram/opiekumis17)

Oppie Kumis dikenal sebagai pelawak Betawi. Selain mengisi acara di salah satu stasiun televisi, Opie juga kerap bermain dalam sebuah film, misalnya Jagad X Code (2009), DOA: Cari Jodoh (2018) dan Suzzanna: Bernapas dalam Kubur (2018).

Namun sebelum menjadi komedian senior seperti sekarang, Opie bukanlah siapa-siapa. Pria bernama asli Muchtar Lutfi itu hanyalah seorang kuli bangunan dengan upah Rp12 ribu per hari. Keberuntungan menghampirinya ketika Deddy Mizwar menawari casting untuk sinetron Lorong Waktu.

3. Andika Kangen Band

Andika Mahesa (Sumber: Instagram/Foto profil babang_andikamahesa babang_andikamahesa)
Andika Mahesa (Sumber: Instagram/babang_andikamahesa)

Pria yang sering mengundang kontrofersial ini memang sudah tidak lagi tergabung di band yang membesarkan namanya. Meski begitu ia tetap terkenal di dunia hiburan. Selain menjadi pencipta lagu, Andika juga sering menjadi produser.

Nah, sebelum namanya melejit bersama bandnya, ia memiliki profesi yang berganti-ganti. Selain sebagai tukang cendol, Andika juga sempat menjalani pekerjaan sebagai kuli bangunan.

4. Aziz Gagap

Aziz Gagap (Sumber: Instagram/ajis_gagap22)
Aziz Gagap (Sumber: Instagram/ajis_gagap22)

Pelawak yang punya ciri khas gagap ini kerap muncul di televisi. Ia juga sering bermain dalam film bersama artis ternama lainnya. Karirnya mulai menanjak setelah ikut alam acara lawak Opera Van Java bersama Parto, Sule, Andre Taulany, dan Nunung.

Kehidupan yang ia rasakan ini tidaklah mudah ia dapatkan. Aziz muda rela bekerja dengan berbagai profesi. Pelawak yang hanya tamatan SD ini pernah menjadi tukang gali sumur hingga buruh bangunan. Aziz tak ingin disebut 'kacang lupa kulitnya', ia mendirikan sebuah pesanter bernama Padepokan Aziziyah di Bogor untuk anak-anak kurang mampu. (*)

Kredit : yani

Tags Artikel Ini

Muchammad Yani

LAINNYA DARI MERAH PUTIH