Sebelum Pulang ke Tanah Air, Habib Rizieq akan Salat Istikharah Imam Besar FPI Habib Rizieq Shihab saat doa bersama atas kemenangan Anies-Sandi sesuai hasil quickcount Pilgub DKI 2017, Masjid Istiqlal, Rabu (19/4). (MP/Rizki Fitrianto)

MerahPutih.com - Ketua Panitia Penyambutan Habib Rizieq Shihab, Eggi Sudjana mengatakan, Imam Besar Front Pembela Islam (FPI) itu akan Istikharah sebelum memutuskan untuk pulang ke tanah air.

"Dia (Rizieq Shihab) meminta waktu untuk salat Istikharah sebelum memutuskan untuk pulang," kata Eggi di Tanah Abang, Jakarta Pusat, Sabtu (10/2).

Menurut Eggi, kepulangan Rizieq tersebut sebelumnya sudah diputuskan pada Musyawarah Kerja Nasional (Mukernas) Persaudaraan Alumni 212.

"Karena animo besar dari umat ingin habib pulang, bukan habib yang ingin pulang, tapi kita umat yang minta dia (Rizieq Shihab) pulang," jelas Eggi.

Eggi menuturkan, soal kapan waktu Rizieq pulang ke tanah air pada 21 Februari ini murni gagasannya. Lalu dikukuhkan dalam Mukernas Persaudaraan Alumni 212.

"Tentang kepulangan kita tentu banyak pendapat dari kalangan kita, karena kumpulan orang yang besar pro dan kontra terjadi, maka kita perlu memberi penjelasan, itu kita tidak bisa maupun kita maunya habib pulang, kita tidak bisa memaksakan," tandasnya.

Menurut Eggi, ada kelompok lain yang anti terhadap Rizieq, sehingga tidak menghendaki kepulangannnya. Bahkan, ada yang meminta dia harus ditangkap. Pendukung Rizieq, kata Eggi, akan membela habis-habisan bahkan rela mati syahid untuk Rizieq.

"Bisa dibayangkan konflik horizontal yang terjadi. Ini lah membicarakan dengan baik dan beradab maka formulasinya adalah kita kembalikan pada habib," ujar Eggi. (Pon)



Luhung Sapto

LAINNYA DARI MERAH PUTIH