Sebelum Memesan Tiket Pesawat, Ketahui Hal Ini

Ikhsan Aryo DigdoIkhsan Aryo Digdo - Selasa, 23 Oktober 2018
Sebelum Memesan Tiket Pesawat, Ketahui Hal Ini
Supaya penerbangan lancar booking terlebih dulu tiket pesawat (Foto: Pexels/rawpixel.com)

MODA transportasi pesawat kerap menjadi pilihan pelancong karena membuat waktu tempuh lebih singkat. Kamu pun bisa menghemat waktu menggunakan pesawat agar waktu berlibur kamu tidak hanya habis di perjalanan saja. Tapi jangan lupa, untuk mendapatkan tiket pesawat kamu harus membookingnya terlebih dulu. Sebagai pelancong kamu harus pintar dan teliti dalam membeli tiket pesawat.

Memesan tiket pesawat sangat penting kamu lakukan demi kelancaran melancong kamu. Sekilas memang terdengar mudah. Namun, masih ada saja pelancong yang kurang paham cara memesan tiket pesawat yang benar. Nantinya kamu sendiri yang rugi kalau salah langkah dalam memesan tiket pesawat. Nah, kamu yang ingin melancong menggunakan pesawat, jangan sampai melakukan hal ini dalam memesan tiket.

1. Tidak membandingkan harga tiket setiap maskapai

Perbedaan harga bergantung dengan fasilitas yang diberikan. (Foto: Pexels/Pixabay)

Setiap maskapai penerbangan tentu memiliki harga tiket yang berbeda. Perbedaan harga tersebut ditentukan karena fasilitas yang diberikan tiap maskapai. Kamu harus tahu perbedaan harga tersebut. Bukannya kamu pelit, tapi tidak selalu fasilitas yang diberikan maskapai itu sesuai dengan kebutuhan kamu. Contohnya ada maskapai yang menyediakan makanan kepada penumpang selama penerbangan dengan durasi 1-2 jam. Coba pikir, apakah kamu benar-benar membutuhkan makanan dalam durasi waktu penerbangan tersebut?

2. Membooking terlalu awal

Booking tiket setidaknya 1-2 minggu sebelum keberangkatan. (Foto: Pexels/Startup Stock Photos)

Kamu memang harus membooking tiket dari jauh-jauh hari supaya enggak ribet saat hari keberangkatan. Tapi bukan berarti kamu harus memesannya terlalu awal banget. Kalau memesan terlalu awal kamu tidak akan tahu apa yang akan terjadi ketika hari H. Misalnya kamu sudah memesan tiket 3 bulan sebelumnya, lalu tiba-tiba kamu sakit saat sehari mau berangkat. Kamu tidak akan bisa merefund tiket tersebut karena sudah dipesan terlalu lama. Sebaiknya pesan tiket pesawat 1-2 minggu sebelum keberangkatan.

3. Tidak tahu biaya tambahan

Beda maskapai memiliki kebijakan harga tiket yang berbeda (Foto: Pexels/rawpixel.com)

Tidak selalu harga tiket pesawat include dengan biaya lainnya. Setiap maskapai memiliki kebijakan harga yang berbeda. Misalnya saat memesan kursi reguler, ada maskapai yang memberikan biaya tambahan. Bahkan beda baris bisa beda harga pula. Belum lagi biaya tambahan untuk kapasitas bagasi yang berlebih. Beberapa maskapai juga mengharuskan kamu membayar biaya asuransi. Jadi jangan malas cari informasi tambahan ya. Mudah kok kan ada internet.

4. Jaringan internet yang tidak bagus

Gunakan jaringan internet yang kuat untuk memesan tiket pesawat (Foto: Pexels/rawpixel.com)

Jangan pesan tiket dulu deh kalau jaringan internet kamu enggak bagus. Asal kamu tahu, kalau ada peningkatan drastis pengunjung dalam situs pembelian tiket, bisa tejadi perubahan warga. Kalau jaringan internet kamu lambat, bisa-bisa setelah kembali stabil ada lonjakan harga tiket. Rugi banget kan?

Sahabat Merah Putih, mulai sekarang lebih teliti lagi ya dalam membooking tiket pesawat! (ikh)

Baca juga: Supaya Penerbangan Nyaman, Jangan Pakai Ini di dalam Pesawat

Bagikan
Ditulis Oleh

Ikhsan Aryo Digdo

Learner.
Bagikan