Sebelum Liburan ke Cirebon, Cek 4 Destinasi yang Wajib Kamu Kunjungi di Kota Udang! Wajib banget kamu kunjungi, nih (Foto: Instagram @goasunyaragi)

TIDAK perlu jauh-jauh melancong hingga ke luar negeri, karena Indonesia memiliki banyak sekali tempat wisata yang tiada habisnya. Salah satunya kota Cirebon.

Kota yang terkenal dengan sebutan Kota Udang ini memiliki segudang tempat wisata yang tidak kalah menarik dan seru dengan destinasi wisata di negara atau kota lain.

Ditambah lagi, saat ini sudah dihadirkannya tol Cipali semakin mudah bagi para pelancong untuk mengunjungi Cirebon. Berikut empat tempat wisata bersejarah dan kekinian yang bisa kamu kunjungi di sana:

1. Goa Sunyaragi

Sebelum Liburan ke Cirebon, Cek 4 Destinasi yang Wajib Kamu Kunjungi di Kota Udang!
Dulunya tempat beristirahat dan meditasi para sultan (Foto: Instagram @goasunyaragi)


Kalau kamu mencari tempat wisata yang penuh dengan sejarah. Cirebon memang jawabannya, salah satunya di Goa Sunyaragi ini.

Goa Sunyaragi menjadi destinasi wisata yang paling banyak dikunjungi wisatawan karena lokasinya yang dekat dengan stasiun serta jalan tol.

Kata Sunyaragi sendiri berasal dari bahasa Sansekerta, surya yang artinya sepi dan ragi yang artinya raga. Awalnya, gua ini dibangun esebagai tempat beristirahat dan meditasi para Sultan di Cirebon dan keluarganya. Namun, saat ini telah berubah menjadi tempat wisata.

Selain foto-foto cantik, kamu juga bisa menikmati wahana seperti flying fox, sepeda gantung, maupun ayunan dengan harga tiket masuk Rp. 10.000/orang.

2. Keraton Kasepuhan

Sebelum Liburan ke Cirebon, Cek 4 Destinasi yang Wajib Kamu Kunjungi di Kota Udang!
Kereta singa yang hanya dikeluarkan untuk dimandikan (Foto: Instagram @cirebonjeh)


Salah satu destinasi wajib dikunjungi oleh wisatawan ini merupakan Keraton Kesultanan pertama yang dibangun oleh Pangeran Mas Mochammad Arifin II pada tahun 1529 lalu.

Disini kamu bisa melihat berbagai benda peninggalan dan benda-benda pusaka lainnya. Selain itu, kamu juga bisa melihat Kereta Singa yang hanya dikeluarkan untuk dimandikan setiap tanggal 1 Syawal.

Selain untuk belajar sejarah, kamu juga bisa foto-foto cantik karena akan ada banyak spot foto yang disediakan.

3. Kota Tua

Sebelum Liburan ke Cirebon, Cek 4 Destinasi yang Wajib Kamu Kunjungi di Kota Udang!
Bangunan Peninggalan zaman Belanda (Foto: Instagram @muhamadjufri182)


Wisata Kota Tua Cirebon berada di jalan Yos Sudarso yang memiliki bangunan tua peninggalan zaman Belanda. Wisata Kota Tua di Jalan Yos Sudarso ini memiliki berbagai bangunan antik seperti Gedung Bank Indonesia, Klenteng Dewa Welas Asih, Alun-alun Kebumen, dan lainnya.

Wisata Kota Tua Cirebon merupakan salah satu destinasi wajib bagi kamu yang suka foto-foto. Karena bangunannya itu, lo. Antik banget karena banyak bangunan di lokasi ini adalah peninggalan dari zaman Belanda.

4. Batu lawang

Sebelum Liburan ke Cirebon, Cek 4 Destinasi yang Wajib Kamu Kunjungi di Kota Udang!
Destinasi wisata alam yang asri dan indah (Foto: Instagram @batulawangcirebon_official)


Destinasi satu ini cocok bagi pecinta alam. Karena dengan lahan seluas tiga hektare, wisatawan dapat menikmati keindahan alam dan tebing bebatuan dari puncak pergununan jaya yang indah.

Tenang saja, tempat ini sudah di kelola, bahkan disediakan spot untuk kamu foto-foto cantik sambil menikmati keindahan alam.

Wisata Batu Lawang terletak di Desa Cupang, Kecamatan Gempol, Kabupaten Cirebon dengan harga tiket Rp. 5000/orang. (ver)



Ananda Dimas Prasetya

LAINNYA DARI MERAH PUTIH