Sebelum Kirab Malam 1 Sura, Kerbau Kyai Slamet Dimandikan Kirab Malam 1 Suro. (Foto: MP/WIN)

SUDAH menjadi tradisi, tujuh Kerbau Kyai Slamet atau Kebo Bule, dimandikan terlebih dahulu sebelum dikirab pada Malam 1 Sura. Sama seperti tahun lalu, kerbau-kerbau tersebut dimandikan pawang di kandang yang berada di kawasan Alun-Alun Kidul, Solo.

Pada Kamis (21/9) sore, tampak sejumlah pawang tengah membersihkan seluruh bagian tubuh kerbau dengan air yang telah disediakan. Hal itu dilakukan agar saat kirab berlangsung, semua kerbau tampak bersih.

“Setelah dimandikan dan dibersihkan, kerbau kami beri makanan. Nanti sebelum, dikirab ada acara tolak bala, intinya prosesi kirab agar berjalan sesuai yang diharapkan,” jelas salah seorang pawang kerbau bule Heri Sulistyo.

Tak hanya hewannya, para pawang yang akan mendampingi kerbau-kerbau itu saat kirab juga turut dimandikan.

Pawang yang mendampingi Kerbau Kyai Slamet turut dimandikan. (Foto: MP/WIN)

Kirab Malam 1 Sura akan dimulai pukul 23.00 WIB dengan rute Kori Kamandungan - Alun Alun Utara - Gladag - Jalan Mayor Kusmanto - Jalan Kapten Mulyadi - Perempatan Baturono Gading - Perempatan Gemblegan - Perempatan Nonongan - Jalan Slamet Riyadi - Gladag - Kori Kamandungan.

“Persiapan sudah dilakukan, termasuk menggelar gladi beberapa waktu lalu, yakni kerbau tersebut mengelilingi kawasan keraton,” terang Heri.

Dari tujuh ekor kerbau yang dikirab, ada satu kerbau yang usianya paling muda, yakni dua tahun. Artikel ini dibuat berdasarkan laporan WIN, kontributor Merahputih.com wilayah Solo dan sekitarnya. (*)

Dapatkan berita lain mengenai Kirab Malam 1 Sura pada artikel Mendagri Tjahjo Kumolo Dan Menteri Susi Ikuti Kirab Malam 1 Suro.



Rina Garmina

LAINNYA DARI MERAH PUTIH