Sebelum Jemput Paksa Lieus Sungkharisma, Ini yang Dilakukan Polisi Lieus Sungkharisma. Foto: MP/Kanugrahan

Merahputih.com - Polisi menetapkan status aktivis Lieus Sungkharisma sebagai tersangka kasus dugaan upaya makar dan penyebaran berita bohong. Karopenmas Divisi Humas Polri, Brigjen Dedi Prasetyo membenarkan hal tersebut.

"Sudah ditetapkan sebagai tersangka," kata dia saat dikonfirmasi wartawan, Senin (20/5).

Polisi menegaskan penetapan status pria bernama asli Li Xue Xiung itu sudah melalui prosedur yang benar. Dimana hal tersebut dilakukan melalui gelar perkara.

BACA JUGA: Lieus Sungkharisma Ditangkap Polisi

Maka dari itu, ditegaskan polisi kalau penangkapan Lieus hari ini juga sudah melalui prosedur semestinya. Dimana Lieus diamankan sekitar pukul 09.00 WIB di kediamannya.

"Hari ini setelah melalui mekanisme gelar perkara maka penyidik melakukan penjemputan," ujarnya.

Dalam kasus ini, Lieus dilaporkan seseorang bernama Eman Soleman. Laporan untuk Lieus Sungkharisma diterima oleh Bareskrim Polri bernomor STTL/296/V/2019/Bareskrim.

Lieus Sungkharisma. Foto: MP/Kanugrahan

Dalam laporan itu, Lieus disangka melanggar Pasal 14 dan atau Pasal 15 Undang Undang Nomor 1 tahun 1946 tentang Tindak Pidana Penyebaran Berita Bohong atau Hoaks, dan Pasal 107 jo Pasal 110 Jo Pasal 87 dan atau Pasal 163 jo Pasal 107 Undang Undang Nomor 1 Tahun 1946 tentang Ancaman terhadap Keamanan Negara atau Makar.

Polisi menjadwalkan Liues untuk diperiksa. Namun, dua kali dia mangkir dalam pemanggilan polisi.

Awalnya polisi menjadwalkan pemeriksaan terhadap Lieus sebagai saksi atas perkara dugaan makar pada Selasa, 14 Mei 2019, namun, Lieus tidak memenuhi panggilan lantaran masih mencari kuasa hukum. Atas hal itu lantas polisi menjadwalkan kembali pemeriksaan terhadap Lieus pada Jumat, 17 Mei 2019, namun lagi-lagi yang bersangkutan tidak hadir. (Knu)


Tags Artikel Ini

Angga Yudha Pratama

LAINNYA DARI MERAH PUTIH