Sebelum Google, Ini Lima Mesin Pencari yang Paling Populer Google

Siapa sih yang enggak kenal yang namanya Google? Sebagai mesin pencari yang sangat populer ini, setiap orang dapat melakukan pencarian apapun. Di Indonesia sendiri, banyak orang yang iseng menyebut Google sebagai Mbah Google.

Tapi, jauh sebelum Google terkenal, ada beberapa loh mesin pencarian yang banyak dipakai orang. Penasaran apa saja itu?

Lycos

Mesin pencari ini cukup poluler di era 90an. Bahkan di tahun 1999, Lycos adalah situs web yang paling banyak dikunjungi dengan hadirnya Lycos di 40 negara.

Lycos Inc. resmi dibentuk dengan dana dari CMGI sekitar UD$2 juta atau sekitar US$32 juta pada hari ini. Bon Davis adalah CEO dan pegawai pertama Lycos di tahun 1995.

AltaVista

Sama seperti Lycos, AltaVista juga cukup populer di era 90an. Di tahun 1997, mesin pencarian ini bisa menghasilkan keuntungan sebanyak US$50 juta.

Sayangnya, kepopuleran AltaVista tak bertahan lama. Ia kalah bersaing dengan Google hingga akhirnya dijual ke Yahoo tahuun 2003. Di tahun 2013 situs ini sudah tidak bisa diakses lagi.

Dogpile

Nama mesin pencari ini memang cukup unik. Digpile merupakan metasearch yang mengampil hasil populer dari Yahoo!, Google, Bing, Ask.com, dan beberapa lainnya.

Berbeda dengan AltaVista yang mengalami kebangkrutan, Dogpile masih bertahan hingga sekarang. Dogpile sempat mendapatkan penghargaan untuk layanan Search Engine terbaik Residential Online di kedua 2006 dan 2007.

Excite

Mesin pencarian ini pertama kali diluncurkan tahun 1995 dan sempat merasakan kepopulerannya tahun 90an. Pada awalnya perusahaan ini bernama Architext.

Hingga saat ini Excite masih bisa diakses. Keunggulan Excite adalah menyediakan fitur-fitur menarik dan langsung dijumpai di halaman utama situs.

Yahoo!

Yahoo! adalah mesin pencari yang sempat populer sebelum Google. Sayangnya, semakin lama nama Yohoo! semakin memudar karena kalah bersaing.

Perusahaan ini sendiri didirikan oleh Jerry Yang dan David Filo bulan Januari 1994. Di tahun 2016, Yahoo! resmi diakuisisi oleh Verizon Communications Inc. perusahaan asal Amerika Serikat.

Sahabat MerahPutih, itulah lima mesin pencari yang populer sebelum Google. Mau baca artikel lainnya? coba klik Mengenal Dilraba Dilmurat yang Buat Eks Pesepak Bola AC Milan Klepek-klepek


Tags Artikel Ini

Muchammad Yani

LAINNYA DARI MERAH PUTIH