Sebelum Disalurkan Bulog Perketat Pemeriksaan Kualitas Beras Ilustrasi. (ANTARA FOTO)

MerahPutih.com - Agar menjaga mutu beras untuk rakyat, Perum Bulog Subdivisi Regional Sampit Kabupaten Kotawaringin Timur, Kalimantan Tengah, perketat pemeriksaan kualitas beras.

"Beras yang akan disalurkan, kami periksa dulu. Misalnya ada yang terlewat dan ternyata ada kutunya, akan kami tarik dan kami ganti dengan yang baru," kata Kepala Seksi Pelayan Publik Perum Bulog Sub Divre Sampit Wanto di Sampit, Jumat (13/10).

Wanto meyakinkan, tidak mungkin Bulog mendistribusikan beras yang tidak layak konsumsi. "Jika sampai ada beras yang berkutu, itu dipastikan karena ketidaksengajaan dan luput dari pemeriksaan," kata dia.

Pernyataan tersebut, disampaikan Wanto menanggapi kekhawatiran masyarakat terkait mencuat keluhan warga di kabupaten lain tentang kualitas beras sejahtera atau rastra yang dinilai kurang layak.

Saat ini, rastra yang sudah tersalurkan mencapai 90 persen dari pagu yang ditetapkan, yakni 3.415.635 kilogram dari total pagu 3.802.680 kilogram. Wanto berharap penyaluran bisa tuntas dan berjalan lancar.

Terkait stok beras rastra, Bulog Divre Sampit memastikan stok dalam kondisi aman. "Saat ini stok di gudang Bulog Sub Divre Sampit sebanyak 600 ton dan 450 ton lagi dalam perjalanan," kata dia.

Bulog Sub Divre Sampit juga berupaya meningkatkan serapan beras dari petani lokal. Namun, tidak semua petani bersedia menjual beras mereka kepada Bulog dengan berbagai alasan. (*)

Sumber: ANTARA


Tags Artikel Ini

Noer Ardiansjah

LAINNYA DARI MERAH PUTIH