Sebelum Dikirab, Kerbau Kyai Slamet Dilatih Dahulu

Eddy FloEddy Flo - Kamis, 29 September 2016
Sebelum Dikirab, Kerbau Kyai Slamet Dilatih Dahulu
Kerbau Bule atau Kyai Slamet yang turut dalam Kirab Malam 1 Suro lebih dulu dilatih para abdi dalem Keraton Solo (Foto: MP/Win)

MerahPutih Budaya - Wakil Pengageng Sasana Wilapa Keraton Kasunanan Solo Kanjeng Pangeran (KP) Winarno Kusumo mengatakan, tujuh ekor Kerbau Kyai Slamet atau Kebo Bule dikirab saat Malam 1 Suro, Minggu (2/10) mendatang, tujuh ekor kerbau tersebut akan dilatih oleh pawang dahulu. Pelatihan itu yakni berjalan mengelilingi kawasan Keraton.

"Jumat (30/9) sore akan kita latih dahulu. Ya mungkin mengelilingi kawasan kandang saja. Biar kerbau terbiasa berjalan saat besok kita kirab di malam 1 suro," jelasnya kepada wartawan kemarin.

Dalam latihan tersebut biasanya dilatih langsung oleh pawang. Dilain sisi, ia menerangkan sebelum dikirab kerbau tersebut juga akan dimandikan dengan air kembang dan diberi makan.

Kerbau Bule atau Kyai Slamet dimandikan para abdi dalem Keraton Solo (Foto: MP/Win)

"Kalau dimandikan itu kan biar kerbaunya bersih. Sedangkan mandi kembang kan kalau orang jawa bilang mandi kembang biar wangi,” katanya.

Dalam kirab malam 1 suro ini, selain tujuh ekor kerbau Kyai Slamet, Keraton juga mengeluarkan sembilan pusaka keraton. Kirab sendiri akan dimulai pada pukul 21.00 dengan mengambil start di depan keraton Solo, dengan menempuh rute kirab sejauh tujuh kilometer.(Win)

BACA JUGA:

  1. Malam 1 Suro, Keraton Kasunanan Kirab Pusaka dan Kerbau Kyai Slamet
  2. Aneh, Setiap Malam 1 Suro Pusaka di Saung Ranggon "Beranak"
  3. Mengenal Tradisi Malam 1 Suro di Indonesia
  4. Ini Dia Prosesi Keluarnya Sepasang Gunungan Milik Keraton Solo
  5. Besok, Keraton Solo Keluarkan Sepasang Gunungan
#Budaya Indonesia #Kanjeng Pangeran Winarno Kusumo #Keraton Solo #Malam 1 Suro
Bagikan
Ditulis Oleh

Eddy Flo

Simple, logic, traveler wanna be, LFC and proud to be Indonesian
Bagikan