Sebelum Berkunjung, Ketahui Dulu Peraturan di 5 Negara Ini Singapura merupakan salah satu negara terbersih dan teraman di dunia (Foto: Pixabay/Cegoh).

MUNGKIN kamu pernah mendengar kutipan "Nikmati Liburan Sebelum Menyesal". Yup, jika dipikir-pikir memang benar kita butuh liburan, tetapi jangan lupakan kutipan "Pulang Liburan Malah Menyesal".

Banyak wisatawan yang menyesali liburannya, dan beragam pula alasan sesal mereka, salah satunya adalah aturan dari negara yang mereka jadikan destinasi wisata. Karena jika tidak mematuhinya, dampak yang bisa kamu terima berupa denda, bahkan kamu bisa ditahan.

Baca juga:

5 Jalan Di Dunia dengan Pemandangan Indah, Menyesal Kalau Belum Lihat!

Beberapa negara di dunia ini memiliki perbedaan, mulai dari tradisi, hukum, dan lainnya. Dan ini pasti akan memengaruhi kamu yang memiliki hasrat keliling dunia.

thetravel.com memberikan kamu informasi mengenai aturan dari lima negara yang harus kamu patuhi ini, antara lain:

1. Australia

Terdapat aturan bersepeda di Australia (Foto: Unsplash/gwe102904).

Mungkin kita sebagai warga Indonesia merasa aneh jika bermain sepeda menggunakan helm sepeda, walaupun memang sebagian ada yang menerapkannya. Namun, kita yang terbiasa tidak menggunakan helm sepeda sudah terlanjur enjoy bersepada dengan menikmati pemandangan dan angin yang sepoi-spoi ke wajah. Dan di Indonesia kita masih diberi kebebasan untuk memakai helm sepeda atau tidak.

Berbeda dengan Australia, bersepeda tidak bisa bebas di sana. Kamu bisa menghadapi suatu masalah jika tidak menggunakan helm sepeda. Australia merupakan negara pertama yang menegakkan hukum semacam itu, namun aturan tersebut patut dipuji karena bertujuan untuk kesehatan warganya.

2. Uni Emirat Arab

Negara yang memiliki banyak gedung-gedung tinggi (Foto: Pixabay/neildodhia)

Bersentuhan seperti berpelukan, bahkan hanya berpegangan tangan dengan lawan jenis, bisa menjadi pelanggaran yang serius di Uni Emirat Arab. Tentu ini tidak berlaku untuk pasangan suami-istri jika tidak melakukannya di depan publik.

3. Arab Saudi

Salah satu negara bergurun dan melarang perempuan mengemudi (Foto: Pixabay/GLady)

Arab Saudi merupakan satu-satunya negara yang melarang perempuan untuk mengemudi. Alasannyar karena para ulama di sana menganggap perempuan yang menyetir merupakan bentuk pelemahan nilai-nilai sosial. Selain itu, perempuan juga tidak boleh menghabiskan waktu dengan pria yang tidak dikenal di sana.

Namun, Arab Saudi membuat keringanan untuk perempuan. Dilansir dari antaranews.com, kaum Hawa diberi kebebasan untuk berbusana, seperti tidak wajib mengenakan hijab, cadar, dan lainnya, tetapi tetap berpakaian yang sopan.

Baca juga:

4 Candi Asia Tenggara yang Merupakan Situs Warisan Dunia UNESCO

4. Singapura

Banyak larangan yang wajib dipatuhi di Singapura (Foto: Pixabay/Sasint)

Karena terkenal kebersihan dan keamanannya, Singapura akan mendenda aktivitas kamu yang merugikan lingkungan dan orang lain, setidaknya SGD1000 atau sekitar Rp 10 juta denda yang harus kamu bayar.

Larangan-larangan tersebut diantaranya, merokok di tempat umum, meludah dan buang sampah sembarangan, kebut-kebutan di jalan, hingga menjual atau mengunyah permen karet.

5. Korea Utara

Salah satu negara tertutup di dunia (Foto: Pixabay/Alex_Berlin)

Walaupun Negara ini merupakan salah satu negara paling tertutup di dunia, Korea Utara tidak berusaha menyembunyikan kecurigaan mereka terhadap pengunjung. Asalkan kamu bukan warga Korea Selatan atau Amerika Serikat, itu masih aman jika kamu mematuhi aturan di Korea Utara.

Korea Utara bisa menjadi destinasi wisata, tetapi wisatawan yang berlibur ke Korea Utara diwajibkan untuk mengikuti tur yang tersus-menerus didampingi oleh yang disebut "minder". Ini bertujuan untuk memastikan wisatawan tidak melanggar aturan.

Itu dia aturan-aturan dari kelima negara tersebut. Jika kamu ingin berlibur ke sana, siapkan dirimu untuk mengikuti aturan-aturan di atas agar liburan kamu tidak mengecewakan. (arb)

Baca juga:

3 Negara yang Melarang Hal Sepele, Nomor 2 Mulia Banget


Tags Artikel Ini

Ikhsan Digdo

LAINNYA DARI MERAH PUTIH