Sebelum Berenang, Jangan Pernah Konsumsi ini Jangan sembarang makan sebelum berenang. (Foto: Pexels/Ajay Bhargav GUDURU)

BERENANG menjadi salah satu olahraga yang difavoritkan setiap orang. Tanpa berkeringat, kalori yang dibakar tubuh kamu pun berjumlah banyak. Sehingga sambil bersenang-senang bermain air, kamu mendapatkan manfaat.

Kalau mau berolahraga tentunya harus ada asupan yang kamu konsumsi. Dengan demikian kamu tidak lemas saat beraktivitas olahraga nanti. Tapi bukan berarti kamu bebas mengonsumsi makanan sebelum berenang. Menurut laman Go Dok, ada beberapa makanan yang pantang kamu konsumsi sebelum berenang. Berikut daftarnya.

1. Makanan Pedas dan Berlemak

Makanan pedas dan berlemak dapat membuat perut kamu tidak nyaman. Kamu bisa terserang penyakit maag, gangguan pencernaan, dan kram perut karena makanan ini. Tentunya saat berenang kamu tidak mau kan mengalami masalah di perut, bisa-bisa kamu tenggelam. Sebaiknya ganti makanan pedas dan berlemak dengan makanan berlemak sehat seperti alpukat, kacang, dan ikan.

2. Makanan Berserat Tinggi

Makanan berserat selalu baik untuk kamu konsumsi. Tapi beda cerita kalau kamu mengonsumsinya sebelum berenang. Makanan berserat tinggi membutuhkan waktu lama untuk dicerna. Kalau kamu masih mengonsumsinya saat berenang nanti kamu bisa mengalami gangguan pencernaan dan merasa mual. Lebih baik mengonsumsinya setelah berenang untuk mengurangi risiko penyakit jantung dan diabetes.

Makanan manis membuat kamu mual. (Foto: Pexels/Alexander Dummer)

3. Makanan Manis

Tidak bisa dimungkiri betapa enaknya mengonsumsi makanan manis. Energi kamu pun bisa bertambah dengan makanan manis. Sayangnya kalau kamu makan makanan manis sebelum renang, perut kamu juga bisa merasa mual. Khusus kamu yang sering menyantap makanan instan, lihat dulu ya label nutrisi makanan tersebut sebelum kamu mengonsumsinya.

4. Seledri

Seledri dapat menyebabkan reaksi kimia. Reaksi tersebut dapat menyebabkan kulit kamu sensitif terhadap sinar ultraviolet. Sehingga kamu yang suka berenang di bawah terik matahari alias di siang hari, kulit kamu bisa melepuh setelah mengonsumsi seledri. Kamu tidak mau kan kulit kamu jadi jelek karena salah makan?

Kopi bikin kamu dehidrasi. (Foto: Kaboompics.com)

5. Kopi

Minum kopi membuat debaran jantung lebih cepat. Selain itu kopi juga bisa menyebabkan perut kamu mual. lagi-lagi kamu tidak bisa menikmati acara berenang kamu dengan maksimal. Ditambah, kopi juga membuat kamu dehidrasi. Jadinya kamu cepat haus lo, padahal baru renang satu putaran.

6. Jus Buah

Minuman seperti jus buah, juga dapat menyebabkan kamu merasakan gangguan pada perut seperti kembung dan juga kram. Pasalnya, kandungan yang terdapat dari jus buah, dapat memberikan tekanan pada dinding perut. Kamu pun akan merasa tidak nyaman selama berenang. Gagal senang deh.

Sahabat Merah Putih, perhatikan dulu ya makanan yang mau kamu konsumsi sebelum berenang. Selamat berenang! (Ikh)

Baca juga artikel menarik lainnya di sini Ternyata Cukup Tidur Bikin Tubuh Kamu Ideal

Kredit : digdo

Tags Artikel Ini

Ikhsan Digdo

LAINNYA DARI MERAH PUTIH