Sebelum Belanja Online, Pikirkan Dulu Empat Hal ini

P Suryo RP Suryo R - Selasa, 30 November 2021
Sebelum Belanja Online, Pikirkan Dulu Empat Hal ini
Empat pertanyaan ini butuh jawaban sebelum belanja online. (Foto: Pexels/Kindel Media)

PANDEMI telah mengubah banyak hal dan salah satunya adalah cara kita berbelanja. Kalau tadinya semua bisa dilakukan secara langsung, pembatasan jarak dan kegiatan memaksa orang untuk melakukan pembelian dari rumah. Akhirnya semua bisa dilakukan dengan ujung jari saja. Kemudian tinggal menunggu kurir berteriak 'paket' di depan rumah.

Sayangnya, hal ini seperti pedang bermata dua. Di satu sisi, belanja daring tentu terasa lebih nyaman dibandingkan harus mondar-mandir dari satu toko ke toko lainnya. Namun, ada ancaman yang mengintai di baliknya. Misalnya saja, pembeli jadi lebih boros karena proses pembelian semakin mudah.

Baca Juga:

Terlalu Sering Belanja Online Masuk Golongan Gangguan Kesehatan Mental

Ketika seharusnya hanya membeli kebutuhan saja, yang ikut masuk dalam keranjang belanja adalah daftar keinginan. Untuk itu, pembeli harus berhati-hati dan lebih bijaksana. Apalagi ketika melakukan pembelian dalam jumlah yang besar atau harga yang mahal. Dalam mengatasi masalah tersebut, salah satu cara yang bisa dilakukan adalah dengan menanyakan empat pertanyaan ini kepada diri sendiri.

1. Apa yang saya inginkan?

belanja
Kamu harus tahu persis yang dibutuhkan dan diinginkan jangan asal browsing. (Foto: Unsplash/Mediamodifier)


Satu hal yang perlu diperhatikan sebelum berbelanja daring adalah mengetahui apa yang kamu inginkan. Jangan melakukan pencarian sebelum kamu tahu persis apa yang kamu mau. Pasalnya, hal ini membuka peluang yang lebih besar untuk keluar jalur. Artinya, mungkin saja kamu akan lebih tergoda untuk melihat dan membeli berbagai barang yang tidak ada dalam daftar. Jadi sebelum membeli alangkah lebih baiknya melakukan riset terlebih dahulu. Mulai dari tipe, warna, bentuk, dan mereknya. Dengan begitu, kamu sudah mengetahui kira-kira produk apa yang akan dibeli sehingga enggak perlu menghabiskan banyak waktu melihat-lihat yang lain.

2. Apakah produk ini sesuai dengan kebutuhan saya?

belanja
Jangan lupa melihat ulasan dari pembeli lain untuk mengetahui kualitas dan spesifikasinya. (Foto: Pexels/PhotoMIX Company)


Jika sudah mengetahui apa diinginkan, jangan gegabah. Pastikan barang tersebut sesuai dengan kebutuhanmu. Jadi jangan lupa melihat ulasan dari pembeli lain untuk mengetahui kualitas dan spesifikasinya. Biar setidaknya kamu memiliki gambaran dan tidak salah pilih. Lebih lanjut, sempatkan waktu untuk membaca ketentuan pengembalian produk atau aturan lain. Supaya ketika terjadi masalah, semua bisa diselesaikan dengan baik. Jadi jangan malas membaca ya.

Baca Juga:

5 Langkah Aman Menggunakan Kartu Kredit Saat Belanja Online

3. Berapa harganya?

belanja
Apakah sudah sesuai dengan bujetmu? (Foto: Unsplash/Muhammad Daudy)


Selain menentukan barang dan kualitasnya, hal esensial berikutnya yang harus diperhatikan adalah harganya. Apakah sudah sesuai dengan bujetmu? Lakukan hitung-hitungan dan cari harga terbaik sesuai dengan kemampuan. Cara yang bisa dilakukan adalah dengan membandingkan harga di berbagai situs dan pengecer. Lebih baik sedikit repot daripada menyesal kemudian ketika menemukan harga yang lebih murah. Pastikan juga untuk tidak tergoda dengan tambahan fitur tak berguna yang malah membuatnya jadi mahal.

4. Berapa ukurannya?

belanja
ukuran bisa jadi masalah besar jika proses pembelianmu dilakukan dengan ceroboh. (Foto: Pexels/SHVETS production)


Memang tidak selalu jadi masalah, tetapi ukuran bisa jadi masalah besar jika proses pembelianmu dilakukan dengan ceroboh. Apalagi jika produk yang dibeli adalah barang besar seperti meja, kursi, sofa, dan sebagainya. Pastikan kamu membeli barang yang memang akan muat di rumahmu. Jadi selalu lakukan pengukuran kemudian memeriksanya dengan daftar produk karena foto bisa menipu. Jangan hanya melihatnya, tapi benar-benar diukur agar tidak terjadi kesalahan.

Itu dia empat pertanyaan yang bisa kamu ajukan ketika membeli barang. Meski sederhana, namun cara ini bisa jadi tindakan preventif untuk mengatur keuangan ketika beli-beli barang di dunia maya. Jangan sampai gegabah dan mulai berbelanja dengan pintar ya. (sam)

Baca Juga:

Cermat Belanja Produk Asli via Online

#Lipsus November Keuangan
Bagikan
Ditulis Oleh

Samantha Samsuddin

Be the one who brings happiness
Bagikan