Sebelas Peserta Ruang Kreatif Seni Pertunjukan Tampilkan 'Serial Musikal Nurbaya'

Febrian AdiFebrian Adi - Senin, 20 November 2023
Sebelas Peserta Ruang Kreatif Seni Pertunjukan Tampilkan 'Serial Musikal Nurbaya'
Penampilan dari peserta Ruang Kreatif Seni Pertunjukan. (MP/Ronggo)

TUAN-tuan dan puan-puan selamat datang di Galeri Indonesia Kaya. Hari ini saya dan kalian akan menjadi saksi dari cerita Siti Nurbaya. Tapi siapa sangka, sebuah tragedi ini berawal dari kemeriahan sebuah pesta pernikahan,” ucap Pewara sesaat sebelum menampilkan Fragmen Musikal Nurbaya pada Sabtu (19/11).

Sebelas peserta terpilih dari Ruang Kreatif Seni Pertunjukan 2021 telah kembali ke Indonesia untuk menampilkan hasil pelatihan di London. Mereka adalah Ajeng Dwi Nur Apriliasih, Clarissa Theophiliam, Claudya Christina, Dianya Anindhya Nareswari, Grace Anastasia Tamangendar, Jane Callista Saweango, Jeanette Soegondo, Kamila Mardhiyyah, Kita Pritasari Arumdati, Mohammed Nabil Harmoun, dan Robertus Darren Radyan.

Baca Juga:

Galeri Indonesia Kaya Rayakan Satu Dekade

Sebelas peserta terpilih Ruang Kreatif Seni Pertunjukan 2021 mainkan teater Siti Nurbaya. (MP/Ronggo)

Ruang Kreatif Seni Pertunjukan sendiri merupakan program pelatihan bagi seniman muda maupun pecinta seni mendapat pembekalan ilmu panggung dengan standar internasional. Juga membuka kesempatan bagi peserta terpilih untuk mendapatkan pelatihan singkat di luar negeri.

“Kesempatan ini tidak hanya membuka pintu bagi saya untuk bertemu dengan para pengajar yang profesional dan berpengalaman di bidang seni pertunjukan. Tetapi juga memberikan pelatihan-pelatihan yang menarik dan bermanfaat,” ungkap Claudya Christina dalam keterangan resmi yang diterima Merah Putih, Minggu (19/11).

Selama kurang lebih 60 menit, sebelas peserta terpilih itu menghadirkan pertunjukan Serial Musikal Nurbaya yang ditampilkan secara singkat di atas panggung. Dengan kemasan yang segar dan lebih menarik, dipadu dengan elemen cerita romansa, dan intrik-intrik yang dikemas secara modern dengan musik yang menarik.

Baca Juga:

Indonesia Kaya Siap Luncurkan Drama Cerita Rakyat Bertema Horor

Dari 98 peserta yang mengikuti Ruang Kreatif Seni Pertunjukan 2021, terpilih sebelas peserta untuk mengikuti pelatihan teater musikal secara intensif dengan West End Stage di London, Inggris pada 16 - 21 Oktober 2023 yang lalu.

Dalam kesempatan ini, para peserta berkesempatan untuk dilatih secara langsung dengan para profesional industri panggung internasional. Melalui program ini, para peserta belajar melihat bagaimana seorang bintang West End yang sesungguhnya menjalani seluruh proses hingga bisa tampil di atas panggung.

Sementara itu, Fragmen Musikal Nurbaya ini berakar dari musikal orisinal yang dipersembahkan oleh www.indonesiakaya.com pada 2021 bertajuk Serial Musikal Nurbaya. Produksi ini mengadaptasi cerita legendaris dari novel Sitti Nurbaya: Kasih Tak Sampai karya Marah Rusli dalam sebuah serial musikal yang menyuguhkan kombinasi dari keindahan visual, akting dan koreografi mumpuni, dan balutan komposisi musik yang ear catchy tanpa meninggalkan unsur Minang.

“Program Ruang Kreatif Seni Pertunjukan merupakan salah satu program yang kami hadirkan untuk menambah wawasan dan keterampilan para seniman muda di Tanah Air. Keikutsertaan mereka dalam program ini bukan hanya kesempatan untuk mengasah keterampilan artistik mereka, sehingga mendorong pertumbuhan dan pengembangan seniman panggung dan memberikan kontribusi besar pada kemajuan industri seni pertunjukan di Indonesia,” pungkas Program Director Galeri Indonesia Kaya Renitasari Adrian. (far)

Baca Juga:

Jakarta Movin Lakonkan 'Reuni Nestapa' di Galeri Indonesia Kaya

#Budaya #Musik
Bagikan
Ditulis Oleh

Febrian Adi

part-time music enthusiast. full-time human.
Bagikan