Sebelas Jembatan di Gunungkidul Rusak akibat Banjir-Longsor

Zulfikar SyZulfikar Sy - Selasa, 05 Desember 2017
Sebelas Jembatan di Gunungkidul Rusak akibat Banjir-Longsor
Evakuasi korban banjir di Pacarejo, Semanu, Gunungkidul, DI Yogyakarta, Rabu (29/11). (ANTARA FOTO/Andreas Fitri Atmoko)

MerahPutih.com - Pemerintah Kabupaten Gunungkidul, Daerah Istimewa Yogyakarta, menyatakan ada 11 jembatan rusak akibat banjir dan longsor.

"Dari laporan yang masuk ada 11 jembatan yang rusak akibat terjangan banjir," kata Kepala Dinas Pekerjaan Umum Perumahan Rakyat dan Kawasan Permukiman (DPUPRKP) Gunungkidul Edy Praptono di Gunungkidul, Selasa (5/12).

Ia mengatakan perbaikan jembatan rusak dibutuhkan anggaran Rp 30,9 miliar. Untuk skema pembiayaan ada lima jembatan yang akan dibangun pemerintah provinsi dan sisanya dibangun APBD.

Eddy mengatakan perbaikan jembatan akan memakan waktu enam hingga tujuh bulan sehingga agar masyarakat bisa beraktivitas, maka diperlukan pembangunan jalur alternatif dengan memasang bronjong penahan bahu sungai.

"Yang terpenting masyarakat bisa melintas lebih dahulu, titik rata-rata membutuhkan dana Rp 1,2 miliar, dan dana tersebut nantinya akan diambilkan dari dana tanggap darurat," katanya.

Dia telah mendata jalan yang mengalami kerusakan akibat banjir dan tanah longsor. Ada sembilan titik jalan yang memerlukan perbaikan secepatnya, sebab beberapa jalan merupakan jalur utama masyarakat.

"Untuk jalan memerlukan anggaran Rp 6,5 miliar," katanya Sekda Gunungkidul Drajat Ruswandono telah memerintahkan camat untuk mendata wilayahnya yang mengalami kerusakan. (*)

#Gunungkidul #Banjir
Bagikan
Ditulis Oleh

Zulfikar Sy

Tukang sihir
Bagikan