Sebar Isu Dihalangi Pemerintah, Kubu Rizieq Dinilai Berkomplot Jatuhkan Citra Jokowi Imam Besar FPI, Rizieq Shihab (MP/Dery Ridwansah)

Merahputih.com - Pengamat politik President University, Muhammad A.S Hikam menilai jika sampai kuasa hukum Rizieq Shihab tidak membuktikan ucapannya bahwa ada upaya menghalangi keluarnya imam besar FPI tersebut dari Arab Saudi, kedepannya akan dijadikan bahan perusak citra pemerintahan Jokowi.

Hikam menyebut, isu ini sengaja dibuat untuk membuat citra pemerintah Jokowi akan dianggap bersekongkol dengan negara asing dalam kasus Rizieq.

Baca Juga: Habib Rizieq Ingin Pulang, Tapi..

"Tudingan tersebut akan dijadikan sebagai bagian dalam berbagai manuver politik untuk mendelegitimasi Pak Jokowi kedepan,” tutur Hikam dalam keterangannya, Rabu (17/7).

Langkah yang paling tepat dilakukan pemerintahan Jokowi adalah merespon agar narasi yang dimunculkan oleh pihak Rizieq tidak menjadi liar.

“Misalnya, segera memeriksa pengacara HRS tersebut agar dapat diketahui sejauh mana kebenaran statemennya secara hukum,” tegasnya.

Rizieq Shihab. Foto: (MP/Dery Ridwansah)
Rizieq Shihab. Foto: (MP/Dery Ridwansah)

Ia lantas meminta agar kuasa hukum Rizieq untuk membuktikan statemennya bahwa ada upaya dari pemerintah Indonesia menghalangi imam besar Front Pembela Islam (FPI) tersebut keluar dari Arab Saudi.

“Agar jawaban bisa terang benderang, tak bisa lain kecuali pengacara tersebut diminta membuktikan statemen tersebut,” kata Hikam.

Jika tidak, Hikam melihat bahwa bisa saja dianggap pengacara Habib Rizieq hanya membuat cerita saja untuk memberikan citra buruk bagi pemerintahan Joko Widodo.

Baca Juga: Jokowi-Ma'ruf Menang, Kapitra Bakal Jemput Rizieq Shihab ke Indonesia

“Pertanyaan saya adalah, sejauh mana kebenaran omongan pengacara itu. Apakah pengacara tersebut punya fakta dan bukti kuat atau itu hanya sebuah taktik lempar batu sembunyi tangan yang ditujukan kepada Pemerintah RI,” ujarnya.

Sebelumnya, pengacara Rizieq Shihab, Sugito Atmo Prawiro menyampaikan, jika kliennya sudah ingin keluar dari Arab Saudi untuk perpanjangan visa kunjungan. Namun hal itu terhalang lantaran ada intervensi dari salah satu institusi negara di Indonesia yang meminta agar Rizieq Shihab tidak boleh meninggalkan Arab Saudi. (Knu)


Tags Artikel Ini

Angga Yudha Pratama

LAINNYA DARI MERAH PUTIH