Sebanyak 73 Hektare Sawah di Purwakarta Terancam

Noer ArdiansjahNoer Ardiansjah - Kamis, 21 September 2017
Sebanyak 73 Hektare Sawah di Purwakarta Terancam
Ilustrasi. (ANTARA FOTO)

MerahPutih.com - Dinas Pangan dan Pertanian Kabupaten Purwakarta, Jawa Barat menyatakan areal sawah seluas 73 hektare yang tersebar di sejumlah daerah sekitar Purwakarta terancam kekeringan pada musim kemarau tahun ini.

Kepala Dinas Pangan dan Pertanian Purwakarta Agus Rachlan Suherlan mengatakan, dari 73 hektare sawah yang terancam kekeringan itu hanya 10 hektare sawah yang sudah dinyatakan mengalami gagal tanam, yakni areal sawah di sekitar Desa Citalang, Kecamatan Purwakarta.

Agus menyatakan, pada musim kemarau seperti saat ini petani bisa menggunakan pompa air jika di sekitar areal sawahnya terdapat sumber mata air. "Namun, jika di sekitar areal sawahnya tidak ada sumber mata air, petani disarankan tidak menanam padi selama musim kemarau," kata Agus di Purwakarta, Rabu (20/9).

Areal sawah itu, kata Agus, bisa dimanfaatkan untuk menanam tanaman palawija yang tidak terlalu membutuhkan banyak air.

Sementara itu, pada musim kemarau tahun ini Dinas Pangan dan Pertanian Purwakarta telah mendapat bantuan 20 unit pompa air dari pemerintah pusat. "Bantuan pompa itu telah didistribusikan ke 20 gapoktan (gabungan kelompok tani) di sembilan kecamatan," katanya.

Seperti diketahui, luas areal sawah di Purwakarta mencapai 17.792 hektare. Dari luas itu, sekitar 7.000 hektare di antaranya merupakan sawah tadah hujan atau sawah yang hanya mengandalkan air hujan untuk mengairi areal sawah. (*)

Sumber: ANTARA

#Musim Kemarau
Bagikan
Ditulis Oleh

Noer Ardiansjah

Tukang sulap.
Bagikan