Sebanyak 310 Sepeda Motor Mudik Gratis Kemenhub Diberangkatkan dari Terminal Tirtonadi Rombongan mudik gratis yang kembali ke Jakarta diberangkatkan dari Terminal Tirtonadi, Solo, Jumat (7/6) (MP/Ismail)

MerahPutih.Com - Sebanyak 310 kendaraan sepeda motor program mudik gratis dari Kementerian Perhubungan (Kemenhub) dan Pemprov DKI Jakarta diberangkatkan lewat Terminal Tipe A Tirtonadi, Solo, Jawa Tengah, Jumat (7/6).

Dari 310 sepeda motor tersebut perinciannya 206 program mudik gratis dari Kemenhub dan 104 kendaraan program mudik gratis dari Pemprov DKI Jakarta.

Koordinator Terminal Tipe A Tirtonadi, Joko Sutriyanto, mengungkapkan 206 kendaraan yang ikut program mudik gratis dari Kemenhub akan diangkut menggunakan 11 truk. Sedangkan, sebanyak 104 sepeda motor program mudik gratis Provinsi DKI Jakarta akan diangkut menggunakan lima truk.

Mudik Gratis kembali ke Jakarta dari Solo
Petugas Terminal Tipe A Tirtonadi, Solo, Jawa Tengah melakukan pengekan berkas bagi pemudik yang ikut program mudik gratis dari Kemenhub dan Pemprov DKI Jakarta, Jumat (7/6). (MP/Ismail)

"Pemilik kendaraan yang ikut program mudik gratis sebanyak 4.260 penumpang. Mereka akan kita berangkatkan besok (Sabtu) naik armada bus," ujar Joko.

Sebelum sepeda motor diberangkatkan ke Jakarta, lebih dulu diminta melakukan registrasi dengan membawa berkas persyaratan seperti SIM, STNK, dan formulir pendaftaran.

Koordinator penyelenggara mudik gratis Terminal Tirtonadi, Yeldhy Ramadan, program mudik gratis ini bagian untuk menekan angka kasus kecelakaan bagi pemudik yang menggunakan sepeda motor. Baik sepeda motor dan pemiliknya di Jakarta nanti tujuan alhirnya di Taman Mini Indonesia Indah, Jakarta.

Petugas membantu membetulkan sepeda motor seorang peserta mudik gratis dari Jakarta
Petugas Terminal Tipe A Tirtonadi, Solo, Jawa Tengah mencopoti spion sepeda motor milik pemudik yang ikut program mudik gratis dari Kemenhub dan Pemprov DKI Jakarta, Jumat (7/6). (MP/Ismail)

"Kita dalam memproses verifikasi pada formulir pendaftaran menggunakan scan barcode sebagai antisipasi beredarnya tiket palsu," papar dia.

BACA JUGA: Gelar Tahlilan Tujuh Hari Wafatnya Ibu Ani, SBY Enggan Bicara Politik

Seorang WNI Tewas Dalam Kebakaran Kapal Pesiar di Malaysia

Seorang peserta mudik gratis, Supriyanto, warga Kecamatan Gondang, Kabupaten Sragen, Jawa Tengah, mengapresiasi Kemenhub dalam memfasilitasi mudik gratis.

"Pelayanan mudik gratis setiap tahun terus membaik. Hal itu yang kemudian membuat warga yang merantau di Jakarta setiap tahun ingin ikuti program mudik gratis," kata Supri pada MerahPutih.Com.(*)

Berita ini ditulis berdasarkan laporan Ismail, reporter dan kontributor merahputih.com untuk wilayah Jawa Tengah.



Eddy Flo

LAINNYA DARI MERAH PUTIH