Sebanyak 15 Ribu Personel akan Amankan Aksi Buruh Polresta Solo siap amankan Demo 2 Desember mendatang (Foto: MP/Win)

MerahPutih.com - Polda Metro Jaya mengaku siap mengamankan aksi unjuk rasa dari elemen buruh yang akan dilakukan bertepatan dengn hari Pahlawan.

"Untuk kesiapan pengamanan buruh besok yang sasarannya istana, kita sudah membuat rencana pengamanan dan sudah menyiapkan sekitar 15 ribu lebih personel baik itu dari Polda, maupun dari Mabes Polri," ujar Kabid Humas Polda Metro Jaya, Kombes Argo Yuwono di Mapolda Metro Jaya, Kamis (9/11).

Aksi buruh besok direncanakan akan digelar di Istana Negara dan Balai Kota DKI Jakarta. Aksi buruh ini menyusul tidak dipenuhinya tuntutan mereka terkait dengan UMP DKI Jakarta.

Buruh yang akan turun ke jalan besok bukan hanya dari Jakarta. Namun ada juga buruh dari luar Jakarta seperti Banten dan Jawa Barat.

Polda Metro sendiri sudah menyiapkan rekayasa lalu lintas untuk mengantisipasi agar aksi tidak sampai mengganggu lalu lintas dan aktivitas warga lain.

"Terutama lalu lintas, sudah kita siapkan juga seandainya nanti harus melakukan rekayasa lalu lintas tapi itu semuanya situasional," jelas Argo.

Sebelumnya, Presiden Konfederasi Serikat Pekerja Indonesia (KSPI) Said Iqbal mengatakan, elemen buruh yang akan turun besok sekitar 20 ribu.

Mereka akan melakukan aksi cabut mandat terhadap Gubernur dan Wakil Gubernur DKI Jakarta, Anies Baswedan dan Sandiaga uno. Karena, mereka menilai Pemimpin Jakarta itu telah pembohong, menolak upah minimum berdasarkan PP 78/2015.

Mereka juga akan menuntut revisi tersebut dan meminta pemerintah menurunkan harga sembako, listrik dan elemen penunjang kebutuhan sehari-hari lainnya. (Ayp)

Kredit : anggayudha


Zaimul Haq Elfan Habib

LAINNYA DARI MERAH PUTIH