Kesehatan

Sebaiknya Menghindari Tidur di Sofa, Bahaya

P Suryo RP Suryo R - Rabu, 28 Oktober 2020
Sebaiknya Menghindari Tidur di Sofa, Bahaya
Cobalah untuk tidak memanfaatkan sofa untuk tidur. (Foto: Pixabay/Free-Photos)

PULANG dari kampus atau kantor yang paling enak setelah copot sepatu adalah rebahan di sofa. Sambil menonton TV, badan terasa lebih rileks. Terkadang kalau memang lelah dapat tertidur di sofa.

Sofa memang kerap dijadikan opsi kedua sebagai tempat tidur, karena kenyamanannya bisa mengalahkan kamar tidur sendiri. Meski sofa memberikan kenyamanan sebaiknya jangan tidur disitu apalagi dijadikan kebiasaan. Salah satu sisi buruknya adalah bahan sofa tidak bisa menyerap keringat dibandingkan kasur. Jadi jika kondisi tersebut terjadi, maka kamu dapat terkena masuk angin.

Melansir laman Healthline, sofa itu dirancang untuk duduk, bukan untuk tidur. Jadi jika barang tidak digunakan sebagai mana tujuannya maka dapat menimbulkan efek buruk.

Baca Juga:

Lakukan 5 Hal Sederhana Ini agar Tubuh Bugar saat Bangun Tidur

1. Sakit punggung dan leher

sofa
Posisi yang tidak benar membuat sakit pada punggung dan leher. (Foto: Pixabay/Tumisu)

Sakit ini menurut penelitian terjadi karena posisi tidur tidak sempurna. Jika kamu bangun dari tidur di sofa dan merasa demikian maka terjadi kesalahan posisi. Hal ini akan berdampak pada jangka panjang, sehingga perlu adanya perubahan, misal mengganjal leher dengan penyangga.

2. Sakit kaki

sofa
Sakit karena kaki menggantung. (Foto: Pixabay/andreas160578)


Jangan tidur di sofa yang tidak menahan seluruh tubuh, sehingga hal ini terjadi jika sofa kamu tidak menyangga kaki, sehingga kaki menjadi menggantung di tepi sofa. Dengan begitu kaki akan mati rasa dan kesemutan. Tentu ini akan mengganggu tidur dan dapat berdampak buruk pada jangka panjang.

Baca Juga:

Istirahat Malam Kurang Total? Coba 5 Kiat ini untuk Mendapatkan Tidur Berkualitas

3. Tidak aman untuk bayi

sofat
Awasi bayi jika memang terpaksa tidur di sofa. (Foto: Pixabay/DomainPublicPictures)


Jangan sesekali menjadikan sofa untuk tidur si kecil, karena bahan yang dipakai untuk sofa biasanya lembut. KArena lembut dan lemas bisa menyebabkan kematian pada bayi berusia di bawah satu tahun. Jika memang hendak meletakan bayi di sofa sebaiknya diberi alas yang cukup kaku dan orang tua tidak boleh meleng.

4. Kualitas tidur menurun

tidur
Tidur di sofa dapat mengganggu kualitas tidur. (Foto: Pixabay/pisauikan)

Biasanya, sofa berada di ruang TV atau tamu. Begitu kamu tidur di sofa maka akan banyak orang dalam rumah lalu-lalang yang menganggu kualitas tidur. Tentu ini berdampak pada kualitas tidur, misalnya bermimpi buruk atau menjadi terbangun di sela-sela tidur nyenyak. Menyebalkan bukan? (ray)

Baca Juga:

Tidur di Lantai Sembuhkan Sakit Punggung, Mitos atau Fakta?

#Tidur #Kamar Tidur #Posisi Tidur #Kurang Tidur #Tempat Tidur
Bagikan
Ditulis Oleh

P Suryo R

Stay stoned on your love
Bagikan