Sebaiknya Buah tak Dikonsumsi di Waktu Ini

KERJA sistem pencernaan dalam memproses makanan merupakan salah satu penentu waktu terbaik mengonsumsi buah.

Buah-buahan mayoritas terdiri dari gula buah, yaitu fruktosa. Saat kamu mengonsumsi buah, mulut akan menghasilkan enzim yang bekerja untuk memecah karbohidrat menjadi komponen yang lebih mudah dicerna. Selanjutnya kerja enzim pemecah karbohidrat di perut terhenti karena lingkungannya yang bersifat terlalu asam.

BACA JUGA: Meski Segar, 6 Buah ini Sebaiknya tak Diolah Jadi Jus

Proses itu akan berlanjut lagi di usus halus untuk menghasilkan komponen karbohidrat yang lebih sederhana sehingga dapat diserap tubuh.

Namun, kandungan serat dalam buah membuatnya lebih lama dicerna. Oleh karena itu, kamu mungkin harus memperhatikan waktu saat mengonsumsi buah. Seperti dilansir Hellosehat, berikut waktu saat kamu sebaiknya tidak makan buah.

1. Sebelum berolahraga

woman
Sebaiknya tak makan buah tinggi serat sebelum olahraga. (foto: pixabay/tanjashaw)

Kamu mungkin ingin mengonsumsi lebih banyak sayur dan buah terutama jika sedang berdiet. Namun, jika kamu hendak berolahraga, tidak disarankan untuk mengonsumsi buah yang tinggi serat. Hal itu disebabkan serat lama dicerna dan bisa menimbulkan masalah pencernaan jika kamu berolahraga dengan perut yang masih terisi.

Beri jeda kurang lebih 2-3 jam sebelum mulai berolahraga. Jika menginginkan hidangan segar sebelum mulai berolahraga, kamu bisa mencoba buah-buahan yang rendah serat, seperti pisang atau olah campuran buah favorit kamu menjadi smoothies agar lebih mudah dicerna.


2. Sebelum tidur

sleep
Makanlah setidaknya 3 jam sebelum waktu tidur. (foto: pixabay/engin_akyurt)

Mengonsumsi seporsi salad buah lengkap dengan dressing mungkin menjadi camilanmu sebelum tidur. Namun, hal itu tidak disarankan, karena tubuh akan bekerja menghasilkan insulin untuk menjaga kestabilan gula darah yang naik setelah mengonsumsi karbohidrat.

Kenaikan insulin akan menurunkan hormon melatonin, yaitu hormon penting yang bekerja ketika kita tidur. Pastikan kamu makan setidaknya 3 jam sebelum waktu tidur agar tubuh dapat beristirahat dengan maksimal.

3. Saat sedang diare

pain
Memperparah frekuensi buang air besar. (foto: pixabay/derneumann)

Meskipun buah baik bagi kesehatan, mengonsumsinya ketika kamu sedang diare dapat memperparah frekuensi buang air besar. Serat yang terdapat pada buah membuat pencernaan menjadi lebih lancar. Hal itu tak masalah jika kamu sedang dalam kondisi sehat, tapi kamu tentu ingin menghindari hal tersebut ketika sedang diare. Sebagai alternatif, kamu bisa memilih jenis buah yang kandungan seratnya tergolong rendah.(*)



Dwi Astarini

LAINNYA DARI MERAH PUTIH