Sebagian Besar Karyawan Google Akan Tetap Bekerja dari Rumah Hingga 2021 Pandemi yang berkepanjangan memaksa Google perpanjang WFH (Foto: usanewssite)

SETELAH beberapa bulan berurusan dengan krisis COVID-19, Google telah membuat keputusan yang tidak mengejutkan, yaitu memperpanjang kebijakan bagi karyawannya untuk tetap bekerja dari rumah. Sementara, versi awal dari kebijakan ini diperkirakan akan berakhir April lalu untuk para pekerja di AS. Penyebaran berkelanjutan dari COVID-19 telah memaksa Google untuk mengubah rencananya.

Untuk ke depannya, karyawan Google akan bekerja dari jarak jauh di sisa tahun 2020. Pengumuman ini datang dari CEO Google, Sundar Pichai saat mengadakan pertemuan dengan semua pihak eksekutif perusahaan, menurut laporan dari laman The Information.

Baca juga:

Layanan Transportasi tidak akan Pernah Sama setelah Pandemi

Langkah ini kemungkinan akan berdampak signifikan pada operasional Google dari waktu ke waktu. Namun, ini tentu saja adalah jalan yang tepat untuk tetap maju. Mengingat banyaknya orang yang dipekerjakan oleh Google, orang dapat berargumen bahwa pihak perusahaan bertanggung jawab dan berperan dalam mengendalikan penyebaran COVID-19.

1
Pihak Google berperan dalam mengendalikan pergerakan massa (Foto: aljazeera)

Tentu saja, keputusan tersebut juga merupakan win-win solution untuk perusahaan ini. Tidak ada yang menghentikan pihak perusahaan untuk mundur, walaupun ancaman pandemi COVID-19 sudah mulai berkurang sebelum tahun 2021.

Namun jika situasi terjadi sebaliknya, dan keadaan semakin memburuk selama pemberlakuan, Google dapat dengan mudah memperpanjang masa penerapan, jika dibutuhkan.

Dalam pengumumannya, Pichai memberi tahu kepada para pekerja bahwa beberapa dari mereka akan diizinkan kembali bekerja di kantor pada Juni atau Juli. Tapi dengan syarat, jika pekerjaan sangat membutuhkan kehadiran fisik mereka, merujuk pada karyawan yang berkerja di bagian pemeliharaan atau mereka yang memiliki peran serupa.

Terlepas dari apapun, bahkan bagi para karyawan, pengalaman bekerja di kantor tidak akan menjadi hal seperti sediakala. Google dilaporkan berencana untuk menerapkan tindakan perlindungan COVID-19 yang ketat di seluruh lokasi kantornya, meskipun belum ketahui bentuk tindakan apa yang akan dilakukan. (lgi)

Baca juga:

Ruang Kaca Privat, The New Normal Makan di Restoran

Kredit : leonard

Tags Artikel Ini

Leonard G.I

LAINNYA DARI MERAH PUTIH