Relasi

Seandainya Bertemu Ratu Elizabeth II, Ini yang Enggak Boleh Dilakuin

P Suryo RP Suryo R - Rabu, 08 Mei 2019
Seandainya Bertemu Ratu Elizabeth II, Ini yang Enggak Boleh Dilakuin
Ada etika dan aturan yang harus dipenuhi ketika bertemu ratu. (Foto: history)

MEGHAN Markle baru saja melahirkan anak laki-laki dan langsung duduk dalam posisi ketujuh pewaris tahta Inggris. Seandainya kamu diundang buat acara penyambutan bayi kerajaan itu dan bertemu ratu Inggris, Elizabeth II, harus mengerti apa yang boleh dan tidak boleh dilakukan. Aturan ini sudah ada sejak ratusan tahun yang lalu bahkan sudah menjadi semacam pakem yang tak terbantahkan.

Makanya di tahun 2009, Michelle Obama sempat dikecam oleh rakyat Inggris karena memegang punggung ratu. Hal yang tidak boleh dilakukan adalah menyentuh ratu atau raja Inggris, kecuali bersalaman itupun kalau mereka mengulurkan tangannya. Laman Mirror mengungkapkan yang dapat dilakukan dan dihindari ketika bertemu dengan ratu Inggris.

Dalam website monarki Inggris tak disebutkan sebenarnya aturan atau etika ketika bertemu dengan ratu atau anggota kerajaan lainnya. Tapi disarankan untuk mengikuti tradisi yang sudah berjalan.


Jangan Menyentuh

elizabeth
Micelle Obama yang sempat dikecam karena menyentuh ratu. (Foto: mirror)


Aturan jangan menyentuh raja atau ratu sudah ada sejak abad pertengahan. Sejarawan Kate Williams menyebutkan bahwa raja atau ratu dianggap sebagai orang yang ditunjuk oleh Tuhan dan harus mendapatkan perlakuan sebagai wakilNya. Makanya Michelle Obama sempat dikecam karena memegang punggung Ratu Elizabeth II. Namun pebasket LeBron James yang memegang bahu Duchess of Cambridge (Kate Middleton) tidak dianggap melanggar protokol dan etika yang ada.

Buah Tangan

elizabeth
Bunga biasanya dapat diberikan langsung ke ratu. (Foto: pressherald)


Sebenarnya ratu atau raja sudah bergelimang harta dan memiliki apapun. Namun ada etika yang tak tertulis untuk membawakan buah tangan kalau bertemu dengan ratu. Ada baiknya untuk membawakannya sesuatu yang memang khas lokal, umumnya orang akan membawakan bunga.

Berdiri

elizabeth
Semua orang baru boleh duduk bila ratu sudah nyaman duduknya. (Foto: publicbroadcasting)


Ini yang harus dilakukan ketika ratu atau raja memasuki ruangan. Semua harus berdiri sebagai penunjukan rasa hormat. Tidak peduli bagaimana kondisi kaki kamu, harus tetap berdiri mengikuti aturan yang ada. Semua orang baru dapat duduk bila dia sudah duduk dengan nyaman, selagi masih bergerak-gerak sebaiknya jangan duduk. Selalu perhatikan!

Sikap hormat

elizabeth
Selalu menghormati ratu bila berada di hadapan atau hanya di samping. (Foto: sheknows)


Bila ratu ada di hadapan kamu atau berada di depan orang sebelah kamu, yang harus kamu lakukan adalah membungkuk bagi pria dan menekuk satu kaki bagi wanita.

Dress code

elizabeth
Selalu patuhi dress code yang ada. (Foto: forbes)


Ini yang sangat penting! Jangan sesekali meremehkan dress code yang ada dalam undangan. Tanpa itu kamu tidak bisa masuk ke dalam acara, sayang sekali padahal kamu sudah mendapatkan undangan.

Selalu sebut dengan Your Majesty

elizabeth
Biarpun tamunya memiliki kedudukan di negerinya tapi harus tetap memanggilnya Your Majesty. (Foto: dawn)


Meskipun kamu tamu nama beliau tapi selalu memanggilnya dengan sebutan Your Majesty (Yang Mulia), jangan diterjemahkan ke dalam bahasa Indonesia ya!


Berbicara

elizabeth
Berbicaralah jika ratu berbicara pada kamu. (Foto: (Foto: dailymail))


Jangan pernah berbicara di depan ratu kecuali beliau mengajak kamu berbicara. Ini dimaksudkan segala percakapan dapat dikontrol oleh beliau.



Makan

elizabeth
Jangan makan atau minum sebelum ratu. (Foto: vanityfair)


Sama dengan saat duduk, kamu enggak boleh menyentuh makanan sebelum beliau menyentuh dan memakannya. Jadi kalau mau bertemu dengan ratu, sebaiknya perut sudah kenyang terlebih dahulu. Sebab jika beliau sudah berhenti makan, kamu juga harus berhenti. (psr)

#Ratu Elizabeth
Bagikan
Ditulis Oleh

P Suryo R

Stay stoned on your love
Bagikan