Teknologi

Seagate Siap Luncurkan Hard Disk 100 Terabyte

Ikhsan Aryo DigdoIkhsan Aryo Digdo - Jumat, 19 Maret 2021
Seagate Siap Luncurkan Hard Disk 100 Terabyte
Hadirkan hard disk dengan kapasitas hingga 100 terabyte pada 2030. (Foto: Seagate)

HARD disk berkapasitas 20 terabyte terbilang cukup untuk menampung video vlog mentahan atau ratusan game berkapasitas puluhan gigabyte. Namun, Seagate ingin lebih berinovasi dengan menghadirkan kapasitas hard disk yang lebih besar.

Bagi Seagate, agaknya 20 terabyte masih belum cukup untuk memenuhi kebutuhan penyimpanan data pengguna. Untuk melawan file berkapasitas tinggi, Perusahaan penyimpanan data itu siap membuat hard disk berkapasitas 100 terabyte.

Baca juga:

Kapasitas Penyimpanan Game di PS5 Hanya Segini

Ambisi tersebut mereka jalani pada dekade ini, serta dekade setelahnya dengan kapasitas yang lebih besar lagi. Mengutip laman Game Rant, fakta membuktikan bahwa hard disk memiliki potensi untuk menyimpan hingga satu zettabyte (1,073,741,824 terabyte per satu zettabyte). Tentu potensi tersebut membuat Seagate ingin membuat hard disk dengan kepadatan hingga 100 terabyte pada dekade ini.

Memiliki potensi penyimpanan hingga satu zettabyte. (Foto: Pixabay/422737)

Mengembangkan kepadatan lempengan pada hard disk memerlukan fasilitas yang mutakhir untuk membendung kapasitas tersebut. Seagate mulai menggarap hard disk berkapasitas tinggi dengan mengembangkan teknologi heat-assisted magnetic recording (HAMR). Magnet tersebut membuat data yang dikirim antar perangkat dan hard disk akan lebih ketat dan stabil.

Jeff Fochtman selaku senior vice president Seagate, mengaku bahwa ia akan 'move on' dari perpendicular magnetic recording (PMR) yang telah ada pada hard disk sekarang ini. Pengembangan PMR yang telah mereka lalui hingga sekarang ternyata hanya berinovasi untuk memperlebar kapasitas hingga satu sampai dua terabyte saja tiap tahun.

Baca juga:

CEO Epic Games: Media Penyimpaanan Data PS5 Lebih Efisien Dibanding PC

Maka dari itu, inovasi Seagate untuk menggarap HAMR adalah ide terbaik untuk membuat hard disk bisa berinovasi dan menambah kapasitas hingga empat sampai 10 terabyte tiap tahunnya.

Inovasi untuk membendung kepadatan lempengan hard disk. (Foto: Pixabay/rock_rock)

Sebagai rencana, Seagate telah mengumumkan timeline pada 2021 ini. Pada 2023 mereka akan merilis hard disk berkapasitas 30 terabyte, 2025 untuk 40 terabyte, 2026 untuk 50 terabyte, serta 2030 untuk 100 terabyte.

Seagate kabarnya juga memadatkan lempengan pada hard disk yang nantinya akan berkembang dari 2.6 terabyte per inci hingga 8 terabyte per inci.

Rencana mereka tentu dibuat untuk berkompetisi harga dan reliabilitas dengan solid state drive, yang semakin sekarang mulai membuat media penyimpanan dengan kecepatan baca dan tulis yang cepat. (dnz)

Baca juga:

Instagram Akan Hadirkan Fitur Baru yang Ramah dan Aman untuk Remaja

#Teknologi
Bagikan
Ditulis Oleh

Aldonov Danoza

The love we take is equal to the love we make
Bagikan